Strategi Guru Meningkatkan Kompetensi 4C Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kedungadem
Abstract
Abstrak
Perubahan yang sangat cepat ini mulai terjadi abad ke-21. AKIBATNYA, abad ke-21 ini disebut sebagai abad pengetahuan, abad ekonomi pengetahuan, abad globalisasi, abad teknologi informasi, abad Revolusi Industri 4.0, dan sebagainya. Oleh karena itu, setiap siswa harus memiliki keterampilan modern untuk menghadapi perkembangan abad ini. Empat keterampilan yang harus dimiliki pada siswa kreatifitas,, kolaborasi, komunikasi dan berfikir kritis,. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan pengalaman peneliti, termasuk interaksi dengan siswa dan pendekatan guru untuk meningkatkan keterampilan 4C. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam meningkatkan berfikir kritis adalah dengan pemberian pembelajaran berbasis permasalahan. Meningkatkan berkomunikasi dengan metode pembelajaran tugas presentasi dan diskusi, meningkatkan berkolaborasi siswa dengan pembiasaan tugas kelompok sebagai bentuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkolaborasi. Meningkatkan berkreatifitas siswa dengan pelatihan terhadap siswa untuk mencari jawaban secara mandiri terhadap soal pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kreatifitas dicetuskan sesuatu hal yang baru atau mencetuskan hal-hal yang unik sesudahnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., ... & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.
Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Ekasriadi, I. A. A. (2024, May). Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Digital Abad Ke-21. In Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 109-125). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/3711
Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M. A., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065-5077. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13163
Khoirurrijal, dkk.(2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA.Malang: CV.LITERASI NUSANTARA ABADI.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/4049
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202-5210. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1136
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810
Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 129-136. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/145
Sumarni, dkk. (2023). PEMBELAJARAN ABAD 21. Malang:PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.