Strategi Guru Meningkatkan Kompetensi 4C Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kedungadem

Widji Arim Wahyudah, Ayis Crusma Fradani, Fruri Stevani

Abstract


AbstractThis very rapid change began to occur in the 21st century. Therefore, the 21st century is called the century of knowledge, the century of the knowledge economy, the century of globalization, the century of information technology, the century of the Industrial Revolution 4.0, and so on. Therefore, every student must have modern skills to face the developments of this century. The four skills that students must have are Critical Thinking, Communication, Collaboration and Creativity. The aim of the research was to understand and explain the researcher's experiences, including interactions with students and teachers' approaches to improving 4C skills. This research method uses qualitative phenomenological methods. The results of this research show that improving critical thinking is by providing problem-based learning. Improving communication using presentation and discussion assignment learning methods, increasing student collaboration by getting used to group assignments as a form of improving students' ability to collaborate.  Increasing student creativity by training students to find answers independently to questions given by the teacher. Creativity triggers something new or creates unique things afterwards

 

Abstrak

Perubahan yang sangat cepat ini mulai terjadi abad ke-21. AKIBATNYA, abad ke-21 ini disebut sebagai abad pengetahuan, abad ekonomi pengetahuan, abad globalisasi, abad teknologi informasi, abad Revolusi Industri 4.0, dan sebagainya. Oleh karena itu, setiap siswa harus memiliki keterampilan modern untuk menghadapi perkembangan abad ini. Empat keterampilan yang harus dimiliki pada siswa kreatifitas,, kolaborasi, komunikasi dan berfikir kritis,. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan pengalaman peneliti, termasuk interaksi dengan siswa dan pendekatan guru untuk meningkatkan keterampilan 4C. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam meningkatkan berfikir kritis adalah dengan pemberian pembelajaran berbasis permasalahan. Meningkatkan berkomunikasi dengan metode pembelajaran tugas presentasi dan diskusi, meningkatkan berkolaborasi siswa dengan pembiasaan tugas kelompok sebagai bentuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkolaborasi.  Meningkatkan berkreatifitas siswa dengan pelatihan terhadap siswa untuk mencari jawaban secara mandiri terhadap soal pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kreatifitas dicetuskan sesuatu hal yang baru atau mencetuskan hal-hal yang unik sesudahnya.

 


Keywords


Berfikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, Kreatifitas, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., ... & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.

Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Ekasriadi, I. A. A. (2024, May). Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Digital Abad Ke-21. In Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 109-125). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/3711

Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M. A., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065-5077. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13163

Khoirurrijal, dkk.(2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA.Malang: CV.LITERASI NUSANTARA ABADI.

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/4049

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202-5210. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1136

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810

Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 129-136. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/145

Sumarni, dkk. (2023). PEMBELAJARAN ABAD 21. Malang:PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.