Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Roda Berputar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Alfina Apriyanti, Rika Pristian Fitri Astuti, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstract

This study is intended to investigate Problem-Based Learning (PBL) model assisted by a spinning wheel media on students’ learning outcomes in the economics subject of Grade XI at SMA Negeri 1 Kedungadem. The background of this research is the low level of student participation and achievement, despite the implementation of the PBL model. This quantitative research involved a sample of 36 students. Data collection techniques included observation, tests, and documentation. The instrument used was multiple-choice questions for both pretest and posttest. The data were found to be normally distributed based on the results of normality test, and the t-test results indicated a significant difference between the pretest and posttest scores, with a significance value of 0.000 (<0.05). The average student score increased from 59.00 to 86.94. These findings suggest that the implementation of the Problem-Based Learning model assisted by a spinning wheel media has a significant effect on students’ learning outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna mengkaji pengaruh model pemebleajaran Problem Based Learning berbantu media roda berputar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 1 Kedungadem. Latar belakang penelitian ni adalah rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa meskipun model Problem Based Learning telah diterapkan, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan sampel sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adala soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Data dipaparkan berdistribusi normal menurut hasil uji normalitas dan hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttes dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari 59.00 menjadi 86.94. Temuan ini mengidentifikasi bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media roda berputar memberkan pengaruh signifikan terhqadap hasil belajar siswa.


Keywords


Problem Based Learning, media roda berputar, hasil belajar, ekonomi, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Djonomiarjo Guru SMK Negeri, T., & Kab Pohuwato, P. (n.d.). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Hidayat, T., Pristian, R., & Astuti, F. (2018). TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS PENYELESAIAN MASALAH: METODE BARU DALAM PEMBELAJARAN TEORI EKONOMI MIKRO. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2).

Mufti Hanifa, C., Mardiah Aza, D., Arianti, E., Samsia Harahap, N., Azyana, R., Amanda, T., Meutia Hasni, D., Pendidikan Agama Islam, P., Tarbiyah, F., & Tinggi Agama Islam As-Sunnah Medan, S. (2024). Penyusunan Dan Pelaksanaan Tes dan Non-Tes. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 539–546. https://doi.org/10.62017/merdeka

Rohmatu Sholihah, N., & Rofiqoh, R. (n.d.). Penerapan Problem Based Learning Dengan Media Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Relita Rofiqoh INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 2633–2639.

Stevani, F., Duwi Saputri, E., Fradani, A. C., Asror, A. G., Ayu Estari, S., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Pendidikan, F., Sosial, I. P., & Pgri Bojonegoro, I. (n.d.). KRIDA CENDEKIA PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK SISWA SDN GONDANG 3 BOJONEGORO.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.