Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Puzzle terhadap Hasil Belajar Ekonomi Bisnis

Fina Maulina, Rika Pristian Fitri Astuti, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model assist by puzzle on student learn outcome in the subject of Business Economics, class X Accounting 2 at SMKN 1 Cepu. In the context of the Imperfect Competition Market material, which has a Minimum Completion Criteria (KKM) of 75. Based on initial data, only 40% of students achieved scores above KKM with an average score of 85, while the remaining 60% had not met the KKM with an average score of 60, so remedial was needed. This study uses a quantitative approach. The independent variable in this study is the PBL model assisted by puzzles, while the dependen variables is student learning outcome. Data analys was conduct use paired sample t-test through SPSS software version 24. The test results show a calculate t value of 19,125 greater than the t table of 2.032 with a significance of 0.000 <0.05, which indicate that there is a significant influence of the learning model on improving learning outcomes. In conclusion, the use of the PBL model with the help of puzzles is effective in improving student understanding, and can be an interesting and innovative alternative learning strategy to improve the quality of learn in the classroom.

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah guna melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu puzzle pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Akuntansi 2 di SMKN 1 Cepu. Dalam konteks materi Pasar Persaingan Tidak Sempurna, yang mempunyai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sejumlah 75. Berdasar pada data awal, hanya 40% siswa yang meraih nilai di atas KKM dengan rata-rata nilai 85, sementara 60% sisanya belum mencapai KKM dengan rata-rata nilai 60, sehingga perlu dilakukan remidial.Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif . Variabel bebas pada penelitian ini ialah model PBL berbantu puzzle, sementara variabel terikat ialah hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test melalui aplikasi SPSS versi 24. Hasil uji menunjukkan nilai t hitung sebesar 19,125  lebih besar dari t tabel 2,032 dengan sig. 0,000 < 0,05, menerangkan yakni terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan hasil belajar.Kesimpulannya, penggunaan model PBL dengan bantuan puzzle efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, serta dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.


Keywords


Problem Based Learning (PBL) , Puzzle, Hasil Belajar,Pelajaran Ekonomi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). In TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education (Vol. 6, Issue 1). Online. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Fradani .A.C.. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING YANG DIDUKUNG METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS ABU DARRIN BOJONEGORO. In Jurnal Edunomic (Vol. 6, Issue 2).

https://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/369/1/1509-4225-1-PB Vol 6%2C No 2 %282018%29 Fradani.pdf

Kemendikbut. (2019). Undang - Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1. http://kemdikbud.go.id/

Koroh, T. R. &, & Ly, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 126. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2445

Nur Rohman. (2013). Eksperimentasi Pendekatan Pembeljaran Pendidikan Matematika Realistik dan Problem Based Learning pada Operasi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa kelas V SD Negeri Se- Kecamatan Dander Bojonegoro Tahun Ajaran 2012/2013.

Priyanti N.M.I & Nurhayati. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. In Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR (Vol. 4, Issue 1).

https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif,dan R&D . Alfabeta.

Susilowati Anna Y.Dkk. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160

Tedy.Dkk. (2023). Teknik Pembacaan Media Puzzle Huruf di Sekolah Dasar Kalimantan Tengah. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.1891

Yunita, S & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1451


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.