Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Media Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Abstract
Abstract
This stu$dy aims to de$te$rmine$ the$ e$ffe$ct of the$ inqu$iry-base$d le$arning mode$l u$sing vide$o me$dia on the$ cre$ative$ thinking skills of te$nth-grade$ stu$de$nts at SMA Ne$ge$ri 1 Bale$n in the$ E$conomics su$bje$ct. This re$se$arch e$mploys a qu$antitative$ approach with a qu$asi-e$xpe$rime$ntal de$sign involving two grou$ps: an e$xpe$rime$ntal grou$p that re$ce$ive$d instru$ction throu$gh the$ inqu$iry-base$d le$arning mode$l with vide$o me$dia, and a control grou$p that u$se$d the$ re$pe$tition me$thod. The$ re$se$arch instru$me$nt was a cre$ative$ thinking skills te$st, which inclu$de$d indicators su$ch as flu$e$ncy, fle$xibility, originality, and e$laboration. The$ findings re$ve$ale$d a significant e$ffe$ct of the$ inqu$iry-base$d vide$o-assiste$d le$arning mode$l on improving stu$de$nts' cre$ative$ thinking abilitie$s. This was de$monstrate$d by highe$r post-te$st score$s in the$ e$xpe$rime$ntal grou$p compare$d to the$ control grou$p. The$se$ re$su$lts indicate$ that inte$grating inqu$iry le$arning with vide$o me$dia is an e$ffe$ctive$ instru$ctional strate$gy to e$nhance$ stu$de$nts’ cre$ativity in le$arning e$conomics.
Abstrak
Pe$ne$litian ini be$rtu$ju$an u$ntu$k me$nge$tahu$i pe$ngaru$h mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry be$rbasis me$dia vide$o te$rhadap ke$mampu$an be$rpikir kre$atif. Pe$ne$litian ini siswa ke$las X di SMA Ne$ge$ri 1 Bale$n pada mata pe$lajaran E$konomi. Pe$ne$litian ini me$nggu$nakan pe$nde$katan ku$antitatif de$ngan de$sain e$kspe$rime$n se$mu$ (qu$asi e$kspe$rime$n) yang me$libatkan du$a ke$lompok: ke$lompok e$kspe$rime$n yang me$nggu$nakan mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry be$rbasis me$dia vide$o, dan ke$lompok kontrol yang me$nggu$nakan me$tode$ re$pe$tisi. Instru$me$n pe$ne$litian be$ru$pa te$s ke$mampu$an be$rpikir kre$atif yang te$rdiri dari indikator flu$e$ncy, fle$xibility, originality, dan e$laboration. Hasil pe$ne$litian me$nu$nju$kkan bahwa te$rdapat pe$ngaru$h yang signifikan dari pe$nggu$naan mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry be$rbasis me$dia vide$o te$rhadap pe$ningkatan ke$mampu$an be$rpikir kre$atif siswa. Hal ini dibu$ktikan de$ngan pe$rbe$daan nilai post-te$st yang le$bih tinggi pada ke$lompok e$kspe$rime$n dibandingkan ke$lompok kontrol. Te$mu$an ini me$nu$nju$kkan bahwa inte$grasi mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry dan me$dia vide$o dapat me$njadi alte$rnatif strate$gi pe$mbe$lajaran yang e$fe$ktif dalam me$ningkatkan kre$ativitas siswa dalam pe$mbe$lajaran e$konomi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adolph, R. (2020). Pe$ngaru$h mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry training te$rhadap hasil be$lajar siswa.
Afrizal Fairu$zabadi, Trapsilo Prihandono, & Prihandono, P. D. A. P. (2022). Pe$ne$rapan mode$l
pe$mbe$lajaran inku$iri te$rbimbing de$ngan vide$o be$rbasis konte$kstu$al. Ju$rnal Pe$ndidikan, 1(2), 100–106.
Andiyana, R. (2022). Analisis indikator be$rpikir kre$atif dalam pe$mbe$lajaran mate$matika.
Ju$rnal Pe$ndidikan Mate$matika, 10(2), 240–248.
Anjarsari, W. (2022). Pe$nggu$naan me$dia vide$o konte$kstu$al u$ntu$k me$ningkatkan ke$te$rampilan
be$rpikir kre$atif siswa SMP. Ju$rnal Te$knologi Pe$ndidikan, 20(3), 133–140.
Be$no, J., Sile$n, A., & Yanti, M. (2022). Pe$ndidikan sains: Analisis ke$mampu$an be$rpikir kre$atif.
Be$rpikir, K., Siswa, K., Viii, K., & Pe$kalongan, U$. (2022). Pe$ngaru$h me$tode$ inku$iri be$rbasis vide$o
pe$mbe$lajaran te$rhadap. Ju$rnal Pe$ndidikan Mate$matika, 2(2), 169–179.
Fe$brianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2020). Analisis ke$mampu$an be$rpikir kre$atif pe$se$rta didik
de$ngan me$manfaatkan lingku$ngan pada mata pe$lajaran e$konomi di SMA Ne$ge$ri 6 Pale$mbang. Ju$rnal Frofit, 3(1), 121–127.
Hasmayati. (2022). Mode$l pe$mbe$lajaran inku$iri dalam me$ningkatkan ke$mampu$an be$rpikir
siswa. Ju$rnal Pe$ndidikan dan Pe$mbe$lajaran, 28(1), 45–53.
Hu$tasu$hu$t, A. P., & Rahmatsya, R. (2021). Pe$ngaru$h mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry training
te$rhadap hasil be$lajar siswa pada su$b mate$ri ke$magne$tan di SMP. Ju$rnal Ikatan Alu$mni Fisika, 3(4), 1. https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i4.6918
Mardatillah, B. L. R., & Kristayu$lita, K. (2024). Pe$ngaru$h pe$mbe$lajaran STE$M te$rhadap
ke$mampu$an be$rpikir kre$atif siswa. Kognitif: Ju$rnal Rise$t HOTS Pe$ndidikan Mate$matika, 4(1), 472–482.
Mu$liyah, P., Aminatu$n, D., Nasu$tion, S. S., Hastomo, T., & Site$pu$, S. S. W. (2020). The$
imple$me$ntation of scie$ntific writing to improve$ stu$de$nts’ writing skill at highe$r e$du$cation. Ju$rnal Ilmiah Pe$ndidikan Bahasa dan Sastra, 6(1), 45–52.
Noe$r, M. (2020). Pe$rilaku$ kre$atif siswa dan strate$gi pe$mbe$lajarannya. Ju$rnal Psikologi
Pe$ndidikan, 8(1), 523–531.
Pokhre$l, S. (2024). Pe$ngaru$h pe$mbe$lajaran be$rbasis masalah te$rhadap ke$mampu$an be$rpikir
kre$atif siswa.
Qomariyah, D. N., & Su$be$kti, H. (2021). Analisis ke$mampu$an be$rpikir kre$atif: Stu$di e$ksplorasi
siswa di SMPN 62 Su$rabaya. PE$NSA E$-Ju$rnal: Pe$ndidikan Sains, 9(2), 242–246.
https://e$jou$rnal.u$ne$sa.ac.id/inde$x.php/pe$nsa/inde$x
Rohman, N. A., Hidayat, T., & Novianti, D. E$. (2020). Pe$ngaru$h pe$nggu$naan Google$ Classroom
dalam pe$mbe$lajaran e$konomi te$rhadap hasil be$lajar siswa ke$las XI IPS-3 pada masa pande$mi di SMA Ne$ge$ri 1 Ke$du$ngade$m.
Sinaga, C. A., Situ$morang, M. V., & Silaban, W. (2022). Pe$ngaru$h mode$l pe$mbe$lajaran inqu$iry
be$rbasis me$dia visu$al te$rhadap hasil be$lajar mate$ri siste$m ke$ke$bal tu$bu$h ke$las XI SMA Ne$ge$ri Papili T.A 2021/2022. Ju$rnal Ilmiah Kohe$si, 6(4), 7–12.
Sipahu$tar Agu$stina, D. (2023). Pe$mbe$lajaran inqu$iry me$nu$ru$t John De$we$y dan pe$ne$rapannya
dalam pe$mbe$lajaran. Ju$rnal Pe$ndidikan, 8(Se$pte$mbe$r), 108–123.
Su$laiman, S., & Zainu$ddin, Z. (2022). Pe$ngaru$h pe$mbe$lajaran be$rbasis masalah te$rhadap
ke$mampu$an be$rpikir kre$atif siswa. Yogyakarta: Le$mbaga Pe$ne$litian dan Pe$ngabdian Masyarakat.
Syahara, M. U$., & Astu$tik, E$. P. (2021). Analisis be$rpikir kre$atif siswa dalam me$nye$le$saikan
masalah SPLDV ditinjau$ dari ke$mampu$an mate$matika. Mosharafa: Ju$rnalPe$ndidikanMate$matika,10(2),201–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.892
Triyono, T. (2022). Pe$ngaru$h mode$l pe$mbe$lajaran inku$iri te$rbimbing be$rbantu$an vide$o
te$rhadap ke$mampu$an be$rpikir kritis siswa ke$las VIII pada mate$ri siste$m pe$rnapasan di SMP Ne$ge$ri 9 Halmahe$ra U$tara. Ju$rnal Bioe$du$kasi, 5(2), 134–141. https://doi.org/10.33387/bioe$du$.v5i2.5477
Waru$wu$, M. (2022). Motivasi be$lajar dan pre$stasi be$lajar pada mata pe$lajaran PPKn di
Indone$sia: Kajian analisis me$ta. Bhine$ka Tu$nggal Ika: Kajian Te$ori dan PraktikPe$ndidikan PKn, 9(2), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Zainu$ri, A. (2023). Imple$me$ntasi ku$riku$lu$m me$rde$ka be$lajar dalam me$ningkatkan kre$ativitas
siswa. Ju$rnal Inovasi Pe$ndidikan, 12(2), 78–85.
Ze$ga, K. K., Te$lau$mbanu$a, A., & Hare$fa, E$. B. (2024). The$ influ$e$nce$ of the$ inqu$iry le$arning
mode$l on stu$de$nts’ cre$ative$ thinking ability in constru$ction stu$dy su$bje$ct. Ju$rnal Pe$ndidikan, 12(20), 333–334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.