Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Meta Analisis
Abstract
Abstract
This study aims to evaluate the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model on students' learning outcomes in Economics subjects through a meta-analytical approach. The analysis involves 15 national journal articles published between 2020 and 2024 to calculate the effect size and determine the extent of PBL's impact on improving student achievement. The findings indicate that PBL significantly contributes to the development of students' critical thinking, problem-solving skills, and collaborative abilities. These results affirm that PBL is a promising instructional strategy for fostering a more interactive and meaningful learning experience, particularly in the context of Economics education. Based on these findings, the study recommends that educators adopt the PBL model as an instructional approach to enhance students' learning outcomes comprehensively across cognitive, affective, and psychomotor domains.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan pendekatan meta- analisis. Kajian ini menganalisis 15 artikel dari jurnal nasional yang terbit dalam kurun waktu 2020 hingga 2024 guna menghitung effect size dan mengidentifikasi tingkat pengaruh penerapan PBL terhadap peningkatan capaian belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBL memberikan kontribusi signifikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, serta kemampuan kolaboratif peserta didik. Temuan ini menegaskan bahwa PBL merupakan strategi pembelajaran yang potensial dalam menciptakan proses belajar yang lebih interaktif dan bermakna, khususnya dalam konteks pembelajaran Ekonomi. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini merekomendasikan kepada para pendidik untuk menerapkan model PBL sebagai pendekatan instruksional guna mengoptimalkan hasil belajar siswa secara komprehensif pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anik Handayani, Henny Dewi Koeswanti,(2021) Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Dewi Pertiwi Aghel, (2023) kajian literatur mengenai hasil belajar ipa dengan model pbl (problem based learning) pada siswa sekolah dasar
Ewo Rahmat,(2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Irfan Hendra Anggryawan,(2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI.
JamaMirdad,M.Pd.I,(2022)Model-ModelPembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran)
Muchammad Achsin, (2016) Kemampuan Pemecahan Masalah Pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif.
Pipit Putri Hariani MD, Alfitriani Siregar,(2019) Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah
Rohman (2016) membahas perbandingan pengaruh antara model pembelajaran Cooperative Script yang didukung dengan peta pikiran dan metode Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada topik program linear. Temuan dari studi ini dipublikasikan dalam JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), Vol. 5, No. 1, pada halaman 50– 55.
Suginem,(2021) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Tritanto, I., Hastawan, I., & dkk. (2023). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(1), 55–65.
Yayat Suharyat, Ichsan, Erwinsyah Satria, (2022) Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Ketrampilan Abad-21 SiswaDalam Pembelajaran IPA
Zaenol Fajri, (2019) Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.