Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Smp Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro
Abstract
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan guna untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair and share) pada siswa kelas VIII di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro pada semester genap tahun ajaran 2024, dari Januari hingga Juni hingga masalah dapat selesaikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah (PTK) Penelitian Tindakan Kelas yang dikerjakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 2 pertemuan. setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, serta refleksi. Fokus penelitian ini ialah prestasi belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jenis TPS (think pair and share). Metode pengumpulan data yang diterapkan yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Sesudah itu data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Subjek pada studi ini sejumlah 11 siswa kelas VIII di SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro tahun ajaran 2024/2025. Atas perolehan hasil akhir, bisa diambil kesimpulan bahwasannya implementasi model TPS mampu meningkatkan partisipasi siswa serta prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII. Rata-rata hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari semua siklus menunjukkan kenaikan pada siklus 1 dan siklus 2. Maka, target yang ingin dicapai, yaitu siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebanyak 81,82% berhasil tercapai, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 45,45% menjadi 81,82%, menunjukkan peningkatan sebesar 36,37%.
Abstrak
This study aims to improve social studies learning achievement with the cooperative learning method of the think pair and share (TPS) type in class VIII students at junior high school. This research was conducted at SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro in the even semester of the 2024 academic year, from January to June until the problem can be solved. The type of research conducted is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in 2 cycles where each cycle has 2 meetings. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, action, observation, and reflection. The focus of this study is social studies learning achievement by implementing the TPS (think pair and share) cooperative learning model. The data collection methods applied are observation, testing, and documentation. After that the data is analyzed qualitatively and quantitatively. The subjects in this study were 11 class VIII students at SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro in the 2024/2025 academic year. Based on the final results, it can be concluded that the implementation of the TPS model can increase student participation and social studies learning achievement in class VIII students. The average results of student learning achievement in social studies subjects from all cycles showed an increase in cycle 1 and cycle 2. Therefore, the target to be achieved, namely students who get a score of ≥ 70 as much as 81.82% was successfully achieved, with the level of completion increasing from 45.45% to 81.82%, showing an increase of 35.55%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Idayani, Ni Putu. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Model TPS ( Think Pair Share ) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA.” Journal of Education ActionResearch5(3):420. https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JEAR/index%0APembelajaran.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Khoirudin, K., & Supriyanah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi I Tangerang Banten. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa),1(2), 77-85
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305 https://doi.org/10.14421/.2022.12-21
Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 24–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483
Rahmah, R., & Hamid, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Terhadap Dorongan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(1), 1–4
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393
Qasash, M., Syafruddin, M. A., Hamzah, A., Aksir, M. I., & Bachtiar, I. (2023). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Teori Koginitf. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 22–28. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.