Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Tiara Enviana, Nur Rohman, Ali Mujahidin, Budi Irawanto

Abstract


Abstract

Problem-based learning (PBL) model used in economics learning can provide benefits in the form of increasing students' critical thinking skills. PBL not only focuses on understanding theoretical concepts, but also emphasizes the application of knowledge in solving real problems. The purpose of this study was to determine how effective the problem-based learning model is in improving students' critical thinking skills in economics subjects at SMAN 1 Kedungadem, especially class XI. This study is included in the quantitative research category with sampling using purposive sampling which leads to two different groups, namely the experimental group (XI-2) and control (XI-3) at SMAN 1 Kedungadem. In accordance with the purpose of the study, the analysis used is the independent sample t test with the help of SPSS, so that the test results show a significance value of 0.000 <0.05, which means that at SMAN 1 Kedungadem the critical thinking skills of class XI economics students are influenced by problem-based learning (PBL).

Abstrak

Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) digunakan ketika proses pembelajaran ekonomi dapat memberikan manfaat yaitu berupa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. PBL bukan hanya berfokus pada pemahaman konsep teori, tetapi juga menekankan pada penerapan pengetahuan dalam menyelesaikan masalah nyata.  Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menentukan seberapa efektif model pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan ketrampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Kedungadem utamanya kelas XI. Penelitian ini dimasukkan dalam kategori penelitian kuantitatif dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling yang mengarah kepada dua kelompok yang diketahui berbeda yaitu kelompok eksperimen (XI-2) dan kontrol (XI-3) di SMAN 1 Kedungadem. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka analisis yang digunakan adalah sample independent t test dengan bantuan SPSS, sehingga didapatkan hasil pengujian diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05 yang artinya di SMAN 1 Kedungadem kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis masalah (PBL).


Keywords


Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amral, & Asmar. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Apriani, A., Kusumastuti, S., Judijanto, L., Hariyanti, D., Fitriya, S., Apriyanto, . . . Nurhayati. (2024). Ekonomi dan Bisnis (Hubungan Ilmu Ekonomi dalam Dunia Bisnis. Bantul: PT. Green Pustaka Indonesia.

Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10812-10821.

Hadi, S. &. (2020). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. JURNAL Ilmu Pendidikan, 101-110.

Huda, M., Fawaid, A., & Slamet. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. PENDEKAR: JURNAL Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.