Eksperimen Hasil Belajar Siswa Kelas X dengan Model Pembelajaran Kelas Flipped Berbantuan Wordwall
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to examine the improvement of academic achievement of tenth grade students after implementing the flipped classroom approach with interactive media Wordwall. The quasi-experimental method was used with a control and experimental group design, involving 287 students of SMA Negeri 1 Kedungadem. Class X-4 as the control, Class X-3 as the experiment. Progress was measured through written tests before and after treatment. Data were analyzed using t-test, homogeneity, and normality to detect significant differences. The results showed that the flipped classroom model with Wordwall improved learning outcomes compared to conventional methods.
Abstrak
Tujuan riset ini menguji peningkatan prestasi akademik siswa kelas sepuluh setelah menerapkan pendekatan kelas terbalik dengan media interaktif Wordwall. Metode kuasi-eksperimental dipakai dengan desain kelompok kontrol dan eksperimen, melibatkan 287 siswa SMA Negeri 1 Kedungadem. Kelas X-4 sebagai kontrol, Kelas X-3 sebagai eksperimen. Kemajuan diukur lewat tes tertulis sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji-t, homogenitas, dan normalitas untuk mendeteksi perbedaan signifikan. Hasil menunjukkan model kelas terbalik dengan Wordwall meningkatkan hasil belajar dibanding metode konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q., & Susilawati. (2022). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan media interaktif video terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(2), 604–613.
Anita, S., Sulistiani, E. D., & Muslim, M. (2024). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media video terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1). (Halaman belum tersedia).
Fauzi, Y. N., Irawati, R., & Aeni, A. N. (2022). Model pembelajaran flipped classroom dengan media video untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1538–1549.
Oktaviyona, T., Rohman, N., & Hidayat, T. (2024). Eksperimentasi model pembelajaran discovery learning mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan (PKK) terhadap prestasi belajar. [Nama jurnal belum tersedia – mohon dilengkapi bila sudah terbit].
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Putri, N. N. A., Masruhim, M. A., & Widiyowati, I. I. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga. BCSJ: Bivalen Chemical Studies Journal, 1(1), 13–16.
Rahayu, S. (2024). Media pembelajaran: Konsep dasar teknologi dan implementasi dalam model pembelajaran. Medan: UMSU Press.
Tirtanawati, M. R., Astuti, R. P., R, O. I., Mujahidin, A., & Budiyono, S. C. (2024). Penggunaan web Wordwall sebagai bentuk adaptasi teknologi untuk meningkatkan literasi digital pada siswa kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro. Jurnal PADI: Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 1(1), 1–5.
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Afaf, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72–77.
Waryana. (2022). Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 259–265.
Widiya, & Desyandri. (2025). Pengembangan bahan ajar warisan budaya berbantuan Wordwall menggunakan model problem based learning di kelas V sekolah dasar. Early Childhood and Elementary Education, 2(1), 269–278.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.