Pengaruh PBL terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of.the Project Based Learning (PjBL) model assisted by CapCut animated videos on the economics learning achievement of eleventh-grade students at MA Al Hidayah Lajokidul on the topic of Market Economy. The background of this research is the low student achievement caused by the use of conventional teaching methods, which tend to be passive and less engaging. This study employed a quantitative approach. The research sample consisted of eleventh-grade students. Data collection techniques included tests (pre-test and post-test), observation,.and documentation. Data analysis was carried out through normality test, homogeneity test, and t-test using SPSS 24.0 software. The results showed a significant effect of the PjBL model assisted by CapCut animated videos on students’ learning achievement in economics. This is indicated by the post-test scores. Therefore, the PjBL model supported by CapCut animated video media is effective in improving students' economics learning achievement.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbantu video animasi CapCut terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MA Al Hidayah Lajokidul pada pokok bahasan Ekonomi Pasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang cenderung pasif dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t menggunakan bantuan software SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model PjBL berbantu video animasi CapCut terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai post-test. Dengan demikian, model PjBL berbantu media video animasi CapCut efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational.Review, 31(1), 21-32.
Fadliana, N. (2021). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep ekonomi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 123-134.
Raharjo, S. (2019). Pembelajaran konvensional dan dampaknya terhadap pemahaman ekonomi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 45-56.
Suherman, A. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 210-220.
Suryanto, T. (2020). Model problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 67-75.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wijaya, R. (2022). Pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 98-107.
Widyasari, D. (2021). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 155-163.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.