Pengaruh PBL dengan Wizer.Me terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X
Abstract
The purpose of this study is to assess the extent to which Class X students from SMK N 1 CEPU can understand the Indonesian economic system using a problem-based learning (PBL) model supported by Wizer.me. Background This study focuses on the low learning performance in students' learning methods. This is due to traditional learning methods and lack of deviation in educational models, which cause students to be passive and less motivated. This study used a quantitative approach with a pre-test and post-test design. The cluster method of random sampling was used to select 35 students in Class X Accounting 1 as study subjects. The data collection tools used included several selection tests, observations, and documents. The data obtained were analyzed by the usual tests of reliability, validity, and t-test. The results showed that the application of the PBL model supported by Wizer had a positive and significant effect on improving students' learning performance, which resulted from the statistically significant difference between the pre- and post-test scores. Therefore, the PBL model supported by Wizer.ME has been proven effective in increasing student activity and improving student learning achievement. Translated with DeepL.com (free version)
Abstrak
Maksud dari penelitian ini yaitu menilai sejauh mana siswa Kelas X dari SMK N 1 CEPU mampu mengetahui sistem ekonomi Indonesia menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang didukung oleh Wizer.me. Latar Belakang Studi ini berfokus pada kinerja belajar yang rendah dalam metode pembelajaran siswa. Ini disebabkan oleh metode pembelajaran tradisional dan kurangnya penyimpangan dalam model pendidikan, yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-test dan post-test. Metode kluster pengambilan sampel acak digunakan untuk memilih 35 siswa di Kelas X Akuntansi 1 sebagai subjek studi. Peralatan pengumpulan data yang digunakan mencakup beberapa tes seleksi, pengamatan, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji reliabilitas, validitas,dan uji-t yang biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung oleh Wizer memiliki efek positif dan signifikan pada peningkatan kinerja pembelajaran siswa, yang dihasilkan dari perbedaan yang signifikan secara statistik antara nilai sebelum dan sesudah tes. Oleh karena itu, model PBL yang didukung oleh Wizer.ME telah terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10812–10821. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11792
Purnamasari ita., dkk. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK. 4(2), 82–88.
Safitri. (2022). Pengembangan media bahan ajar E-Lkpd interaktif menggunakan website wizer.me pada pembelajaran Ips materi berbagai pekerjaan tema 4 kelas IV SDN tanah kalikedinding II. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.
Stevani Fruri, D. (2025). APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK SISWA DI SMA NEGERI 1 BALEN. Krida Cendekia, 01(05), 30–34.
Sujiran, D. (2025). Pengaruh Game-based learning Berbantu Media Monopoli terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis The Impact of Monopoly-Assisted Game-Based L earning on Students ’ Achievement in Business Economics. 16(1), 57–65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.