Pengaruh Online Customer Review Shopee terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tingkat 3 IKIP PGRI Bojonegoro

Cindy Mey Rahmawati, Fruri Stevani, Sujiran Sujiran

Abstract


Abstract

Lack of awareness of the importance of online customer reviews when making a purchase, where they tend to pay more attention to the price offered or ongoing promotions. In addition, other factors such as the influence of friends, price, and product appearance also have a significant impact on the choices made. This study uses a quantitative descriptive method. The subjects of the study were 47 students of the 3rd year economics study program who were selected by purposive sampling. Data collection techniques used pre-research observations and questionnaires. Data analysis techniques used normality tests, linearity tests, heteroscedasticity tests, hypothesis tests, and simple linear regression analysis tests using SPSS version 26. The results of the hypothesis test showed tcount> ttable meaning Ho was rejected and Ha was accepted. And it is known that tcount is 2.265 and ttable is 1.679. Thus it can be concluded that online customer reviews shopee has a positive and significant effect on purchasing decisions in students of the 3rd year economics study program IKIP PGRI Bojonegoro.

Abstrak

Kurangnya kesadaran akan pentingnya online customer review saat akan melakukan pembelian, dimana mereka cenderung lebih memperhatikan harga yang ditawarkan atau promosi yang sedang berlangsung. Selain itu, faktor-faktor lain seperti pengaruh dari teman, harga, dan tampilan produk juga memiliki dampak yang signifikan terhadap pilihan yang diambil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 47 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tingkat 3 yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi pra penelitian dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, dan uji analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dan diketahui thitung sebesar 2,265 dan ttabel sebesar 1,679. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa online customer review shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tingkat 3 IKIP PGRI Bojonegoro


Keywords


online customer review, shopee, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Andora, M. &. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Pada Platform Shopee. Jurnal Manajerial, 208-216.

Ardianti, A. N. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 55-66.

Dewanti, I. &. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kontrol Diri, dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Baju Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 718-734.

Ghoni, M. A. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 14-22.

Husnan, O. D. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 439-448.

Kusumaningsih, S. S. (2021). Buku Panduan Marketplace. Surabaya: CV. Global Aksara Pres.

Mujahidin, A. (2020). Pengaruh Eco-Label, Eco-Brand Dan Green Trust Terhadap Green Purchase Intention Pada Lampu Philip Led. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 114-125.

Prayoga, I. &. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffe. Jurnal Syntax Transformation, 136-140.

Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Cutomer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bagsa Cikrang. Jurnal Mirai Management, 436-452.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.