Pengaruh Media Pembelajaran Canva terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro
Abstract
Abstract
The learning media used in vocational schools are intended to provide creativity for students in the business and management expertise program in terms of fostering entrepreneurial attitudes and behavior and providing direct experience in every positive learning process that can improve entrepreneurship learning achievement. This study aims to determine the effect of Canva learning media on entrepreneurship learning outcomes in class X students of SMK PGRI 2 Bojonegoro. This research is a qualitative study. The data in this study were analyzed using qualitative analysis carried out in four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results show that learning using Canva with a cooperative learning model has proven to have a positive effect on improving entrepreneurship learning outcomes in students. It is concluded that Canva learning media has proven to have a positive effect on entrepreneurship learning outcomes in students
Abstrak
Media pembelajaran yang dipergunakan di SMK dimaksudkan untuk memberikan kreatifitas bagi siswa program keahlian lingkup bisnis dan manajemen dalam hal menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha dan memberikan pengalaman langsung dalam setiap proses pembelajaran yang positif dan yang dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran canva terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis kualitatif yang dilakukan dalam empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa bahwa dengan pembelajaran menggunakan canva dengan model pembelajaran kooperatif terbukti memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada siswa. Disimpulkan bahwa dengan media pembelajaran canva terbukti dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, N. H. (2018). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: Pustaka Setia.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Basrowi. (2019). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Galia Indonesia.
Bungin, B. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Garjito, D. (2019). Berani Berwirausaha. Yogyakarta: Akmal Publishing.
Hamdani, M. (2021). Interpreneurship untuk Mahasiswa Sebuah Solusi untuk Siap Mandiri. Jakarta: Trans Info Media.
Maharani, A. (2019). Media Pembelajaran Dan Minat Berwirausaha Siswa Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan IPS, 1(3), 202–209.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhidayati. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.