EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN AKADEMIK 2024/2025
Abstrak
Penelitian ini mengkaji apakah model pembelajaran berbasis simulasi dapat berpengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII
SMP Negeri 2 Balen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balen tahun
akademik 2024/2025 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian ini
berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji
reliabilitasnya serta dianalisis tingkat kesukarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
nilai siswa meningkat dari 66,00 menjadi 87,34 setelah pembelajaran berbasis simulasi diterapkan.
Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan microsoft excel. Hasil
uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig. 5%) adalah 8,23 > 0,1679, yang
berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapa
disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis simulasi lebih efektif dan berpengaruh signifikan dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balen pada materi bangun
datar. Sehinga model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif di
kelas matematika.Kata kunci: pembelajaran berbasis simulasi, Hasil belajar, Bangun datar, Studi eksperimen
Abstract
This study examines whether simulation-based learning models can influence improvements in
students' mathematics learning outcomes in the subject of flat shapes. This study is a quasiexperimental study with a one-group pretest-posttest design. The study was conducted in the
seventh grade of SMP Negeri 2 Balen. The research subjects were 30 seventh-grade students at
SMP Negeri 2 Balen in the 2024/2025 academic year, who formed the experimental group. The
research instrument consisted of 20 multiple-choice questions that had been validated by experts,
tested for reliability, and analyzed for difficulty level. The results showed that the average student
score increased from 66.00 to 87.34 after the simulation-based learning model was implemented.
Data analysis techniques used a paired sample t-test with the help of Microsoft Excel. The results
of the paired sample t-test showed that the significance value (Sig. 5%) was 8.23 > 0.1679, which
means there was a significant difference between the pretest and posttest scores. Therefore, it can
be concluded that simulation-based learning is more effective and has a significant impact on
improving the mathematics learning outcomes of seventh-grade students at SMP Negeri 2 Balen on
the topic of two-dimensional shapes. Thus, this model can serve as an effective and innovative
alternative learning strategy in mathematics classrooms.
Keyword: simulation-based learning, learning outcomes, flat shapes, experimental study