Analisis Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Bentuk Cerita pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Penulis

  • Wijiati Lestari IKIP PGRI Bojonegoro
  • Eltasari Pramesti
  • Mifta Wahidatl Maghfiroh
  • Mutiara Dwi Negari
  • Nisa Mariana

Abstrak

Astuti, P. P., Baalwi, M. A., & Wahyudi, A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di SDN Sumokali Candi. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan5(2), 62-66.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika6(2), 90–101.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam penyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Didactical Mathematics3(2), 84-91.

Nadjamuddin, A., & Hulukati, E. (2022). KemampuanLiterasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu6(1), 987–996. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1999

Nasrullah, N., Ainol, A., & Waluyo, E. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) kelas. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics)7(1), 117-124.

Nurhanifa, N., Mutaqin, A., & Ihsanudin, I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika2(4), 217. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Rahaju, L. E., Sunardi, S., & Prastiti, T. D. (2023). Implikasi Teknik Pengajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika7(2), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2316

Rahayu, A. A. D., Cahyadi, F., & Mudzanatun, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V Sd Negeri Sowankidul Jepara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK)4(6), 3473-3484.

Suwanto, Wardana, A. (2023). Intuisi pada Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.

Dialektika P. Matematika10(1), 729–746. file:///C:/Users/pradi/Downloads/Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap KemampuanLiterasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar.pdf

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS, 2(1). 1-2.

Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe numerasi

 

Referensi

Astuti, P. P., Baalwi, M. A., & Wahyudi, A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di SDN Sumokali Candi. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 5(2), 62-66.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam penyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84-91.

Nadjamuddin, A., & Hulukati, E. (2022). KemampuanLiterasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 987–996. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1999

Nasrullah, N., Ainol, A., & Waluyo, E. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) kelas. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 7(1), 117-124.

Nurhanifa, N., Mutaqin, A., & Ihsanudin, I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 217. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Rahaju, L. E., Sunardi, S., & Prastiti, T. D. (2023). Implikasi Teknik Pengajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2316

Rahayu, A. A. D., Cahyadi, F., & Mudzanatun, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V Sd Negeri Sowankidul Jepara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 3473-3484.

Suwanto, Wardana, A. (2023). Intuisi pada Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.

Dialektika P. Matematika, 10(1), 729–746. file:///C:/Users/pradi/Downloads/Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap KemampuanLiterasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar.pdf

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS, 2(1). 1-2.

Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe numerasi

Diterbitkan

2023-10-10