STUDI LITERATUR : STRATEGI BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN EMOSIONAL SISWA
Abstract
Abstrak
Tantangan emosional siswa di lingkungan sekolah semakin kompleks dan memerlukan perhatian serius. Masalah seperti stres, kecemasan, dan depresi dapat memengaruhi prestasi akademik dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi Bimbingan dan Konseling (BK) yang efektif untuk mengatasi tantangan emosional siswa. Dengan menggunakan metode literature review, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber pustaka yang relevan dengan topik BK dan kesehatan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi BK yang efektif dalam mengatasi tantangan emosional siswa meliputi pendekatan individual, kelompok dukungan, pelatihan keterampilan sosial, dan kolaborasi dengan orang tua dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan layanan BK di sekolah sangat penting untuk membantu siswa mengatasi tantangan emosional dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan demikian, sekolah perlu memprioritaskan pengembangan program BK yang komprehensif dan terintegrasi dengan kurikulum.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling_1, Tantangan Emosional Siswa_2, Strategi_3.
Abstract
Student emotional challenges in the school environment are increasingly complex and require serious attention. Problems such as stress, anxiety, and depression can affect students' academic performance and well-being. This study aims to develop effective Guidance and Counseling (GC) strategies to overcome students' emotional challenges. Using a literature review method, this study collects and analyzes various relevant literature on GC and student emotional well-being. The results show that effective GC strategies in overcoming students' emotional challenges include individual approaches, support groups, social skills training, and collaboration with parents and teachers. This study concludes that strengthening GC services in schools is crucial to help students overcome emotional challenges and improve their well-being. Thus, schools need to prioritize developing comprehensive and curriculum-integrated GC programs.
Keywords: Guidance And Counseling_1, Emotional Challenges Students_2, Strategies_3.
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, W. (2016). Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) untuk menurunkan tingkat stres akademik pada siswa menengah atas di Pondok Pesantren. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 4(2), 228-245. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3523
Agustin, M., & Hidayah, U. (2024). Optimalisasi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental Serta Mengurangi Burnout di Kalangan Pelajar. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 198-212. https://journal.uiad.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/3282
Akbar, R. R., Anissa, M., Hariyani, I. P., & Rafli, R. (2022). Edukasi Masyarakat Mengenai Gejala Cemas. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 876-881. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/10008
Amalina, R. (2025). PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CBT DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 160-169. http://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/bkmb/article/view/939
Amanah, S., Riyanto, D., & Rizqullah, D. (2023). Pentingnya Pelayanan Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 131-138. DOI: https://doi.org/10.30653/001.202371.242
Amrullah, M. A., Kriyantono, R., & Riani, Y. A. (2024). Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi di Jurusan Teknik Messin Politeknik Negeri Malang. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(3), 2496-2509. https://www.journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/article/view/956
Aqillah, H. N., Laurenza, A. A., & Rosida, H. (2024). Peer to Peer Interaction Patterns for Mental Health and Student Learning Motivation. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 7(3), 330-340. http://ojs.staialfurqan.ac.id/IJoASER/article/view/502
Aulia, R. (2025). Peran Konselor dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Pelaku Bullying. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 13(1), 87-108. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/44253
Aziz, D. (2024). IDENTIFIKASI PENYEBAB KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH DASAR Mi BABUSSALAM KECAMATAN PASONGSONGAN. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 40-53. http://www.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1537
Birohmatika, C., & Karyani, U. (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional, Optimisme, Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Akhir Dimasa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/122408
Dafiq, N., Dewi, C. F., Sema, N., & Salam, S. (2020). Upaya edukasi pencegahan bullying pada siswa sekolah menengah atas di kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129. https://www.academia.edu/download/79417303/393.pdf
Fatchurahman, M. (2018). Problematik pelaksanaan konseling individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25-30. http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v3i2.1160
Fathoni, A. B., & Listiyandini, R. A. (2021). Kebersyukuran, kesepian, dan distres psikologis pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Journal of Psychological Science and Profession, 5(1), 11-19. https://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/29212
Furqon, M. F. A. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial Meningkatkan Interaksi Dan Koneksi Manusia. Circle Archive, 1(4). http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/109
Halifah, A. N. V., & Yanti, C. A. D. (2025). Konseling Berbasis Kearifan Lokal: Solusi untuk Isu Kesehatan Mental Generasi Z. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 126-139. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6479
Handayani, W., Nurhasanah, N., & Yahya, M. (2019). Penerapan Teknik Anger Management Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Siswa SMAN 5 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/9046
Januaripin, M. (2024). Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa. KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 114-128. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/575
Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara pemaafan dengan kesejahteraan psikologis pada korban perundungan. Jurnal Empati, 7(1), 274-282. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20196
Kaban, S. L. B. (2024). PSIKOLOGI KESEHATAN MEMBANGUN GAYA HIDUP SEHAT SECARA MENTAL DAN FISIK. Circle Archive, 1(4). http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/view/134.
Karneli, Y., & Hakim, F. A. (2024). Memahami Kesiapan Konselor dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Kepada Klien. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 50-57. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/6021
Kustiyono, K. (2019). Masalah Dan Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah. https://osf.io/preprints/inarxiv/ec8na/
Lestari, S., & Hidayat, T. (2020). Peran pembelajaran berbasis teks naratif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Bahasa, 16(3), 65-74. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpb.2020.16.3.65
Lestari, W. S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (studi kasus pada siswa smpn 2 kota tangerang selatan) (Bachelor's thesis). http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/132
Mahbengi, P. A., Nurhasanah, N., & Nurbaity, N. (2023). TINGKAT STRES AKADEMIK PADA SISWA SMKN DI BANDA ACEH. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 9(2), 87-95. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/6364
Majid, A. (2024). GANGGUAN PSIKOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN: MENGUPAS HUBUNGAN GANGGUAN PERILAKU DAN GANGGUAN BELAJAR PADA KESEHATAN MENTAL. Jurnal Mitra , 22 (2). https://kopertais8.or.id/jurnal/index.php/jm/article/download/69/48
Malikah, M. (2024). Dinamika Pengaruh Musik pada Kesejahteraan Psikologis Peserta Didik: Analisis Literatur tentang Respons Neurologis dan Emosional. Journal of Education Research, 5(4), 5109-5118. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1751
Noerjanah, S. L. A., & Dhigayuka, A. (2022). Strategi Pengajaran Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Siswa. Holistik: Journal for Islamic Social Sciences, 6(1), 83-95. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/7623
Nusuki, N., & Rohmatullah, B. (2021). ANALISIS TERHADAP SUDUT PANDANG G. HUSSEIN RASSOOL TENTANG KONSELING PSIKOANALITIK DALAM PERSPEKTIF ISLAMI. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 5(2), 90-106. DOI: https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4964
Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140-148. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/6288
Putra, R. P. (2024). Dampak Buruk Media Sosial bagi Perkembangan Anak. Jurnal Teknologi dan Sains Modern, 1(4), 158-167. https://journal.scitechgrup.com/index.php/jtsm/article/view/249
Putri, A. M., Putri, N. S., & Ariani, F. (2022). Upaya guru bimbingan dan konseling mengembangkan emosi siswa pada masa remaja di SMP Negeri se-kota Padang. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 111-116. https://doi.org/10.26539/teraputik.611068.
Putri, P. C. P., & Ismanto, H. S. (2025). Tingkat Stres Akademik pada Siswa Santi Witya Serong School Thailand. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 50-60. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/610
RAHMI, N. (2024). ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA DI SMPN 1 TOMPOBULU. https://eprints.unm.ac.id/36032/
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran guru dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360-373. https://pdfs.semanticscholar.org/660f/6446cff0efc912559507d264025de3120d31.pdf
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku cyberbullying remaja di media sosial. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 98-111. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/3704
Rohman, K. N. (2024). Sinergi Guru Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di MAN 3 Bantul. Indonesian Journal of Action Research, 3(2), 95-103. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/IJAR/article/view/10873.
Satriah, L. (2020). Bimbingan konseling pendidikan. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35046.
Sihite, L. L. (2024). Mengatasi Burnout Strategi Untuk Menghadapi Kelelahan Dan Kehabisan Energi. Circle Archive, 1(4). http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/view/89
Silaban, D. R. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-XI Di SMA Negeri 48 Jakarta Timur. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 22-44. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/18
Telaumbanua, K. (2024). IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENANGANI STRES AKADEMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL NIAS PADA MAHASISWA. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 8-96. https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/HAGA/article/view/2344
Wiranto, H., & Yunanto, T. A. R. (2024). Eksplorasi Pengalaman Academic Burnout pada Siswa SMK X, Apakah Terjadi?: Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Proceedings of PsychoNutrition Student Summit, 1(1), 283-292. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/PINUSS/article/view/3233
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.