PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMILIHAN KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menentukan pilihan karir mereka di tengah perkembangan global yang dinamis dan kompleksitas dunia kerja. Pemilihan karir yang tepat sangat penting bagi siswa SMK untuk mencapai kepuasan kerja, peningkatan produktivitas, dan keberlanjutan karir di masa depan. Namun, banyak siswa masih menghadapi kesulitan dan kebingungan, yang sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman diri dan terbatasnya informasi karir. Systematic Literature Review (SLR) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan, mengkaji, dan menganalisis literatur relevan dari berbagai sumber yang relevan, dengan rentang publikasi 2019-2025. Hasil penelitian menunjukkan lima peran utama guru BK yaitu sebagai: 1) fasilitator pengembangan diri dan karir; 2) konselor, motivator, dan pemberi dukungan emosional; 3) pemberi informasi dan edukasi karir; 4) pendukung pengambilan keputusan karir dan; 5) mediator dan penghubung dunia kerja. Peran-peran ini secara signifikan berkontribusi dalam membentuk siswa SMK yang mandiri, percaya diri, dan mampu membuat pilihan karir yang selaras dengan potensi dan relevansi pasar kerja.
Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling_1, Pemilihan Karir_2, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan_3
Abstract
This study aims to systematically examine the role of Guidance and Counseling (BK) teachers in helping Vocational High School (SMK) students determine their career choices in the midst of dynamic global developments and the complexity of the world of work. Appropriate career choices are essential for vocational students to achieve job satisfaction, increased productivity, and career sustainability in the future. However, many students still face difficulties and confusion, which is often caused by a lack of self-understanding and limited career information. Systematic Literature Review (SLR) is used as a method in this research by collecting, reviewing, and analyzing relevant literature from various relevant sources, with a publication range of 2019-2025.. The results showed five main roles of counseling teachers, namely as: 1) facilitator of self and career development; 2) counselor, motivator, and provider of emotional support; 3) provider of career information and education; 4) supporter of career decision making and 5) mediator and liaison to the world of work. These roles significantly contribute to forming SMK students who are independent, confident, and able to make career choices that are aligned with their potential and labor market relevance.
Keywords: Role of Guidance and Counseling Teachers_1, Career Choices_2, Vocational High School Students_3
Full Text:
PDFReferences
Adnan, M. N., & Bhakti, C. P. (2025). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI KECEMASAN KARIER YANG DIHADAPI SISWA DI ERA DIGITAL. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 363-373. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4557
Almigo, N., & Aulia, M. (2025). IMPLEMENTASI KONSELING TRAIT AND FACTOR PADA PERENCANAAN PEMILIHAN JURUSAN KULIAH SISWA KELAS XII DI BRAIN ACADEMY CENTER CABANG SEBERANG ULU. JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(1), 63-74. https://doi.org/10.63545/cc0qtw50
Anjani, I. A., Pramesti, A. C., Putri, N. C., & Wahyuni, F. (2023). Peran Guru BK dalam Mengatasi Hambatan Perencanaan Karir Peserta Didik. Prosiding SEMDIKJAR, 6, 1794-1800. https://doi.org/10.29407/5ja09e20
Audrey, A. W., Murfiyana, Y. A., Muzaki, A., & Anjarsari, R. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENDUKUNG KARIR SISWA SMK N 3 METRO MELALUI PROGRAM BMW. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(4), 36–44. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i4.654
Hamidah, T., Putri, O. F., Kurniawan, T., Puspitasari, E. I., Khotimah, K., & Suryawati, C. T. (2022). Problematika bimbingan dan konseling bidang karir siswa SMK: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 294-304. https://doi.org/10.26539/teraputik.53852
Herlani, S. A. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan karir terhadap disorientasi karir siswa: Penelitian pada siswa kelas XII SMK Bunga Persada Cianjur (Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Hotmauli, M. (2023). Implementasi Teori Ginzberg dalam Bimbingan Konseling Karir: Literature Review. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 3(2), 98-104. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.664
Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). Program Bimbingan Karir pada Siswa Kelas XII SMK Assaabiq Singaparna. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31-40.
Jannah, R., & Hidayat, D. R. (2022). Analisis Terhadap Trait and Factor Theory Dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan Karir. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 121-127. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6815
Lubis, M. N. (2020). Peran Guru BK Dalam Pemantapan Keputusan Karir Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Nahar Hapiana, Siti Fitriana, & Desi Maulia. (2022). PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI 1 PURBALINGGA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(1), 51-65. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i1.134
Pratama (2022). PERAN GURU BK DALAM MEMBANTU PERENCANAAN PENGEMBANGAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI. Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam IKA BKI), 4 (1).
Rahmawati, F., Nugroho, H., & Sari, M. (2023). Efektivitas Bimbingan Karir Terstruktur dalam Mengurangi Kebingungan Pemilihan Karir pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi , 13(1), 55-67.
Salsabila, R. I., Prasetiawan, H., & Sulistyanta, D. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa. Prosiding Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Universitas Ahmad Dahlan, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Santoso, D., Adelia, T. D., Pratama, S. R. P., Ananda, S., Iftirosy, V. A., Putri, N. D., & Setyaputri, N. Y. (2024). Peran Guru BK dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK Negeri 2 Kediri. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 107-112. https://doi.org/10.29407/w5sns768
Sari, N., & Nugroho, R. (2022). Integrasi Informasi Pasar Kerja dalam Layanan Bimbingan Karir di SMK. Jurnal Pendidikan dan Konseling , 11(3), 89-101.
Setiawati, A., & Dewi, L. (2019). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Pemilihan Karir Siswa. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 65-72. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.4212
Simatupang, R., Aziz Rusman, A., & Khairuddin, K. (2024). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMILIHAN KARIR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN. Komprehensif, 2(1), 63–71. Retrieved from https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif/article/view/494
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.