PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-AKL PADA MATERI PENCERMINAN

Risko Naibaho

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-AKL SMK Koperasi Yogyakarta yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning  berbantu Software Geogebra pada materi transformasi geometri bagian pencerminan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk menciptakan strategi pembelajaran yang efektif berdasarkan keadaan yang sebenarnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa terkait pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-AKL SMK Koperasi Yogyakarta semester genap Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 17 perempuan dan 6 laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif yang dianalisis dengan dekriptif komparatif, yang bertujuan untuk membandingkan nilai hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan bahwa, penerapan model pembelajaran Discovery Learning  dan berbantu Software Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh presentase ketuntasan mencapai 86,96% dengan kategori tuntas. Selain itu dan rata-rata hasil evaluasi mencapai 83,17 dan 16 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning  dan berbantu Software Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Discovery Learning , Software Geogebra, Pencerminan, Hasil Belajar

 

 

Abstract

The purpose of this study was to improve the learning outcomes of students in class XI-AKL SMK Koperasi Yogyakarta who were taught by applying the Discovery Learning  model assisted by Geogebra Software on geometric transformation material in the mirroring section. This type of research uses Classroom Action Research which aims to create effective learning strategies based on actual circumstances in improving student learning outcomes related to mathematics learning. The subjects of this study were students of class XI-AKL SMK Koperasi Yogyakarta even semester of 2024/2025 academic year as many as 23 students consisting of 17 girls and 6 boys. The data analysis technique used in this research is quantitative data analysis technique analyzed by comparative descriptive, which aims to compare the value of student learning outcomes during the learning process. Based on the results of the research and discussion that has been described that, the application of the Discovery Learning  model and geogebra software assisted can improve student learning outcomes obtained by the presentation of completeness reaching 86.96% with the complete category. In addition, the average evaluation results reached 83.17 and 16 students scored in the very high category. This proves that the results of the study show that the application of the Discovery Learning  model and geogebra software can improve student learning outcomes.

Keywords: Discovery Learning , Software Geogebra, Mirroring, Learning Outcomes

 

 


Full Text:

PDF

References


Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1119

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hidayatullah, A. M., Satiti, W. S., & Chotimah, C. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Discovery Learning pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI MA/SMA. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(3), 21–24.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98.

Lekitoo, J., Moma, L., & Ngilawajan, D. A. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 AMBON PADA MATERI IRISAN KERUCUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN CAI ( COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA IMPROVEMENT OF LEARNING O. 1, 45–50.

Linda, L., Abdillah, A., Mandailina, V., & Syaharuddin, S. (2024). Analysis HOTS Problem Solving: Student Learning Outcomes from Student Facilitator and Explaining and Geogebra-Assisted Discovery Learning Models. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 208–219. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4115

Maheswari, G. A., Juliani, V., Saputra, R. A., Kristanto, Y. D., Dharma, U. S., Dharma, U. S., Dharma, U. S., & Dharma, U. S. (2023). Aktivitas pembelajaran matematika berbasis kalkulator grafik Desmos pada materi transformasi geometri pencerminan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 179.

Nazhifah, A. Y., & Rosiyanti, H. (2021). Webinar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Man 1 Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional …, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10683%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10683/6270

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran (Jakarta: PT Rineka Cipta), Cet. Pertama Edisi Revisi.”.

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 12 No(1), 87–103.

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351

Smith, M. (2018). Promoting a Conceptual Understanding of Mathematics. 24(1), 36.

Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan model Discovery Learning guna menciptakan kemandirian dan kreativitas peserta didik. Bahtera, 21(1), 94–100.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165–174.

Taihuttu, S. M., Moma, L., & Gaspersz, M. (2021). the Difference of Student Learning Outcomes Taught By Geogebra Software Assissted Discovery Learning Model and Problem Solving Learning Model on Transformation Geometry. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 7–13. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp7-13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.