ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS QUIZIZZ PADA MATERI PELUANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI-B SMP Islam Temayang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis Quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen berupa soal uraian materi peluang yang diberikan melalui platform Quizizz. Analisis kemampuan berpikir kritis didasarkan pada teori Facione yang mencangkup 4 indikator kemampuan berpikir kritis interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbasis Quizizz berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, yang tercermin dari peningkatan skor tes dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok. Integrasi Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam memahami konsep peluang. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa model PBL berbasis Quizizz dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi peluang.
Kata kunci: Probelem Based Learning_1, Quizizz_2, Berpikir Kritis_3, Peluang_4
Abstract
This study aims to analyze the mathematical critical thinking skills of class XI-B students of SMP Islam Temayang using the problem based learning (PBL) learning model based on Quizizz. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through tests, interviews, and documentation. The instrument is in the form of descriptive questions on probability material provided through the Quizizz platform. The analysis of critical thinking skills is based on Facione's theory which includes 4 indicators of critical thinking skills: interpretation, analysis, evaluation, and inference. The results of the study indicate that the application of the Quizizz-based PBL learning model has a positive effect on students' mathematical critical thinking skills, which is reflected in the increase in test scores and student activity in group discussions. The integration of Quizizz as an interactive learning media also increases student motivation and involvement in understanding the concept of probability. This study provides implications that the Quizizz-based PBL model can be an effective learning alternative to improve students' mathematical critical thinking skills on probability material.
Keyword: Problem Based Learning_1, Quizizz_2, Critical Thinking Skills_3, Probability_4
Full Text:
PDFReferences
Amalia, I. R., & Dewi, N. R. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 281–289. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Amelya, N., Yulianto, R., Agustin, S., Rohmah, Z., & Prasetyo, E. (2024). PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA kegiatan pembelajaran yang menarik . Terdapat beragam aplikasi pembelajaran sarana dan prasarana pada proses pembelajaran . Selain itu , banyak siswa yang. 458–471.
Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Akm. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58–78. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25325
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Kurniawan, C., & Utami, A. D. (n.d.). J ’ THOMS ( Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science ).
Sandi, N. R., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 294–303. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2654
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.