PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Hamidah Wijayanti

Abstract


Abstrak

Metode buzz group merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan diskusi dalam kelompok kecil untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa. Dalam pembelajaran matematika di SMK, metode ini berpotensi mengatasi rendahnya minat dan hasil belajar akibat pendekatan yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi buzz group berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Ma’arif 2 Sleman. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental dalam bentuk one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa yang diberikan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah pembelajaran menggunakan metode buzz group. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 77,17 menjadi 95,87 dan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00000000000364 (0,00< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa metode diskusi buzz group secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok kecil, saling berbagi ide, dan menyelesaikan masalah bersama. Dengan demikian, metode ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika

 

Kata kunci: Buzz Group, LKPD, Hasil Belajar, Matematika

 

 

Abstract

The buzz group method is one of the cooperative learning strategies that involves discussions in small groups to increase student activity and understanding. In mathematics learning in vocational schools, this method has the potential to overcome low interest and learning outcomes due to the approach that is still centered on the teacher. This study aims to examine the effect of the buzz group discussion method assisted by Student Worksheets (LKPD) on mathematics learning outcomes of 10th-grade students at SMK Ma’arif 2 Sleman. The research was motivated by students' low interest and achievement in mathematics, often due to passive and teacher-centered learning methods. A quantitative approach with a pre-experimental design in the form of a one group pretest-posttest was used. The sample consisted of 23 students who were given a pretest before and a posttest after the implementation of the buzz group method. Data were analyzed using a t-test to determine the significance of differences in learning outcomes. The findings revealed an increase in the average score from 77.17 to 95.87, with a significance value of 0.00000000000364 (0,00 < 0.05), indicating a significant improvement in student learning outcomes. The buzz group method actively engages students in small group discussions, encouraging the exchange of ideas and collaborative problem solving. Therefore, this method is recommended as an effective alternative strategy to enhance conceptual understanding and critical thinking skills in mathematics learning.

 

Keywords: Buzz Group, LKPD, Learning Outcomes, Mathematics 

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.

Arifin, & Bona, N. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi Buzz Group Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Gaya dan Gerak Kelas IV SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(1), 20-25.

Faridah, F. (2023). Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 57-67.

Fauzi, M. (2022). Penerapan Metode Buzz Group dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Barisan dan Deret Geometri pada Siswa Kelas XI MIPA 5 Semester 2 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 535-540.

Fauziah, N. A. (2023). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember

Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Sistema: Jurnal Pendidikan, 01(01), 1–7

Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: conceptions of understanding in engineering mathematics learning. The Qualitative Report, 15(6), 1459-1488.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Penerbit: Refika Aditama

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Purwoko, R. Y. (2023, December). Developing E-Module Based on Etnomathematics to Improve Students' Creative Thinking Skill. In 2023 International Conference on Information Technology and Engineering (ICITE 2023). Atlantis Press, 44-48.

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 203–212.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika, dalam MES (Journal of Mathematics Education and Science). Jakarta : CV. Rajawali.

Singh. S & Yaduvanshi. S. (2015). International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 3, March 2015 ISSN 22503153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.