SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): PENGEMBANGAN APLIKASI GEOMATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

Siti Hajar Bauw

Abstract


Abstrak

Studi ini dirancang untuk mengkaji dan merangkum hasil-hasil penelitian terdahulu terkait pengembangan aplikasi GeoMath sebagai media pembelajaran geometri untuk mengasah kemampuan analisis dan penyelesaian masalah. Permasalahan dalam proses pengajaran geometri, khususnya di jenjang sekolah dasar hingga menengah, sering kali disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis serta kesulitan siswa dalam memvisualisasikan gagasan yang konseptual. Sehingga, dibutuhkan sarana pembelajaran yang menyajikan materi secara visual, interaktif, dan kontekstual. Studi ini menerapkan metode Systematic Literature Review (SLR) yang berlandaskan pada pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Data dikumpulkan dari database Google Scholar dengan kriteria inklusi artikel terbitan tahun 2020–2025, melalui empat tahapan: identifikasi, penyaringan, uji kelayakan, dan inklusi. Dari 268 artikel yang diidentifikasi, sebanyak 10 artikel memenuhi kriteria dan dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital seperti animasi kartun, gamifikasi, augmented reality, dan berbasis STEM terbukti memiliki keabsahan, kepraktisan, dan kemampuan yang baik dalam memperkuat pemahaman konsep geometri serta kapasitas berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah matematika pada siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya inovasi sarana edukasi yang terintegrasi teknologi sebagai solusi adaptif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era digital.

 

Kata kunci: GeoMath_1, Pembelajaran Geometri_2, Pemecahan Masalah_3, Media Pembelajaran Digital_4

 

 

Abstract

This study is designed to review and summarize previous research on the development of the GeoMath application as a geometry learning tool aimed at enhancing students’ analytical and problem-solving skills. Challenges in teaching geometry, particularly at the elementary to secondary education levels, often stem from low critical thinking abilities and students’ difficulties in visualizing conceptual ideas. Therefore, there is a need for learning media that present material in a visual, interactive, and contextual manner. This study employs the Systematic Literature Review (SLR) method based on the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) guidelines. Data were collected from the Google Scholar database with inclusion criteria of articles published between 2020 and 2025, through four stages: identification, screening, eligibility assessment, and inclusion. From 268 identified articles, 10 met the criteria and were further analyzed. The findings indicate that digital learning media such as cartoon animations, gamification, augmented reality, and STEM-based approaches have demonstrated validity, practicality, and effectiveness in strengthening students’ understanding of geometric concepts as well as their critical thinking and mathematical problem-solving skills. These results highlight the importance of innovative, technology-integrated educational tools as adaptive solutions to improve the quality of mathematics education in the digital era.

 

Keyword: GeoMath_1, Geometry Learning_2, Problem Solving_3, Digital Education Media_4

 


Full Text:

PDF

References


Afrillia, Y., Hidayat, A. T., Ilhadi, V., & Nasution, F. A. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) untuk Pembelajaran Geometri Berbasis Android di MTsN 1 Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(2), 236-243.

Aulia, D., Astuti, Y. P., & Wahdian, A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Video Animasi) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4218-4226.

Dwi Erna Novianti, N. (2021). Penanaman pendidikan karakter melalui pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 117-124.

Fatimah, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Edutama.

Hidayati, V. R., Husniati, H., Alimuddin, N., Wahyuningsih, B. Y., & Nurmawanti, I. (2024). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GEOBOARD UNTUK MENDORONG PENGAJARAN YANG LEBIH INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(4), 221-225.

Jainuddin, J., Anita, I. W., & Nurfauziah, P. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran Matematika melalui Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 79-91.

Kurniawan, V. D., Nurfitriani, A. R., & Santi, D. P. D. (2025). Pengembangan Aplikasi Animasi Berbasis Kartun untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri pada Siswa Sekolah Dasar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 25-39.

Latif, E. Y., Idrus, R., & Perdana, C. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 73-84.

Lestari, K. D., & Zuhdi, U. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VC SDN MANUKAN KULON II/499 SURABAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 877-886.

Manik, S. A. R., Humairoh, A. P., Annisa, S., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Peran Media Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Geometri Siswa Sekolah Dasar. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 759-763.

Novianti, D. E., Indriani, A., & Puspananda, D. R. (2020). Kartu perkalian senilai sebagai alternatif metode pembelajaran perkalian pada siswa SD. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02).

Nurhasanah, N., Hayati, L., & Salsabila, N. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260-266.

Purnama, S. R., Dari, S. W., Ilham, S. M., Kristianti, L., Prasetyani, T. J., & Nurfahrudianto, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Geometry Of Mathematics (GEOMATHICS) Dengan Metode Gamifikasi Untuk Mengatasi Learning Loss Pasca Pandemi. Jurnal Koulutus, 5(2), 1-13.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis pendekatan investigasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia, 5(1), 86-96.

Rahayu, N. K. D. T., Agustini, K., & Warpala, I. W. S. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 127-141.

Sari, S. U. R., Dujjah, N. I. B., & Badri, F. (2024). Efektivitas penerapan media GeoMath dalam pembelajaran geometri integratif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 9(1), 102-107.

Sukendra, I. K., Juwana, I. D. P., & Surat, I. M. (2023, October). PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN APLIKASI GEOMATH ROOM DALAM MEDIA PEMPELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1).

Wijayanti, N. M. W., Sukendra, I. K., & Purwati, N. K. R. (2023). PENGEMBANGAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOMATH ROOM BERBASIS CIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 11 DENPASAR. Widyadari, 24(2), 333-347.

Yani, N. M. I., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2024). Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 391-401.

Yulianto, D., Junaedi, Y., Juniawan, E. A., & Anwar, S. (2024). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Model PBL dan CTL Berbasis Project-Based Learning pada Penyelesaian Soal AKM di Kabupaten Lebak Banten. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(1), 57-76.

Yulianto, D., Umami, M. R., & Anwar, S. (2024). A MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN CORE DAN I-CARE DENGAN APLIKASI GEOMETRYX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LEBAK, BANTEN: Berpikir Kritis, Inti, Geometryx, ICARE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 1-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.