ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MTSN 2 BOJONEGORO KELAS VII

Sandy Eko Prastyo

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika ditinjau dari gender pada materi aritmatika sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 2 Bojonegoro yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik, yang terdiri atas 3 peserta didik laki-laki dan 3 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Tahapan analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga langkah utama, yaitu proses reduksi data, penyajian informasi yang telah disusun, serta penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data dengan membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis subjek dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya siswa perempuan lebih unggul dalam kemampuan berpikir kreatif dibandingkan siswa laki-laki, terlihat pada TKBK 4 (sangat kreatif ) ditempati 2 siswa perempuan, TKBK 3 (kreatif ) kosong, TKBK 2 (cukup kreatif ) ditempati 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki, TKBK 1 (sebagian besar kreatif ) kosong, TKBK 0 (tidak kreatif ) ditempati 2 siswa laki-laki. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan menunjukkan kelancaran dalam kemampuan berpikir kreatif (fluency), luwes (flexibility), elaborasi (elaboration) dan asli (originality).

 

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gender, Aritmatika Sosial

 

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the ability to think creatively in mathematics from a gender perspective in social arithmetic material. The research method used is descriptive qualitative. The subjects of this study were 25 students in grade VII at MTsN 2 Bojonegoro. the sampling technique used in this study was purposive sampling, with a total of 10 students as research subjects, consisting of 3 male and 3 female students. The research instrument used is a creative thinking ability test. T he data analysis stages in this study include three main steps: data reduction, presentation of organized information, and drawing conclusions based on the obtained data. To ensure the validity of the data, a triangulation technique was employed by comparing the outcomes of the subject’s mathematical creative thinking test with the results obtained from interviews. The results of the study showed that in general female students were superior in creative thinking skills compared to male students, as seen in TKBK 4 (very creative) occupied by 2 female students, TKBK 3 (creative) is empty, TKBK 2 (quite creative) occupied by 1 female student and 1 male students, TKBK 1 (mostly creative) is empty, TKBK 0 (not creative) occupied by 2 male student. Considering these findings, it can be concluded that female students demonstrate fluency in creative thinking skills fluently (fluency), flexibly (flexibility), elaborately (elaboration) and originally (originality).

Keyword: Creative thinking ability, Gender, Social arithmetic


Full Text:

PDF

References


Angga adi pratama, c. w. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari segi gender. delta-Phi jurnal pendidikan matematika , 172-182.

Arvianto, I. R. (2025). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pengajuan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 45–60.

Afrianti, N. &. (2024). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan gender.

jurnal pendidikan matematika, 8(2), 123-134.

Fatimah, Siti. "Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan persamaan Kuadrat." Jurnal Pendidikan Edutama (2020).

Farah, N. (2022). Psikologi Pendidikan dan Kreativitas Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran biologi: Analisis berdasarkan jenis kelamin dan gaya belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 1–7.

Gunawan, G., Mashami, R. A., & Herayanti, L. (2020). Pengaruh multimedia interaktif terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 132–139.

Legowo, Y. A. S. (2020). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 7(1), 56–61.

Masril, D., Dakhi, O., Nasution, A. K., & Ambiyar. (2020). Analisis Gender dan Intellectual Intelligence terhadap Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 45–56.

Novianti, Dwi Erna, Puput Suriyah, and Zaenuri Zaenuri. "Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Vol. 6. No. 1. 2023.

Pratama, Angga Adi, et al. "Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Segi Gender." Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika 1.2 (2023): 172-182.

Pradiarti, Refni Adesia, Sudirman Sudirman, and Sisworo Sisworo. "Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Geometri." Teorema: Teori dan Riset Matematika 9.1 (2024).

Pujiastuti, p. w. (2020 volume 11, nomor 1). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. jurnal matematika kreatif-inovatif, 110-117.

Rahlan, A., & Sofyan, H. (2021). Penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(1), 25–33.

Safitri, Afrianti. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Gender." Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education 7.2 (2024): 139-148.

Simanjuntak, E., Hia, Y., & Manurung, N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 88–95.

Siswono, T. Y. E., Herawati, S., & Hartono. (2022). Berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika. Surabaya: Unesa University Press.

Widiyanto, H., & Yunianta, E. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 110–120.

Yolanda, R., Andriani, N., & Suparman. (2021). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.