KORELASI SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak
Berikut ini adalah tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui apakah Self-efficacy dan hasil belajar matematika berkorelasi. (2) Untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar matematika dan motivasi belajar. (3) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dan Self-efficacy berhubungan dengan hasil belajar matematika. Pada tahun ajaran 2024-2025, siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Balen berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menghubungkan satu variabel dengan satu atau lebih variabel lain; ini adalah penelitian korelasi non-eksperimental. Instrumen untuk penelitian ini meliputi survei motivasi belajar dan kuesioner Self-efficacy. Dalam penelitian ini, 36 responden dari 206 populasi menjadi sampel. Berikut ini adalah temuan penelitian: (1) Self-efficacy dan hasil belajar matematika memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,7427. (2) Motivasi belajar dan hasil belajar matematika memiliki hubungan yang kuat dan positif (0,6604). (3) Self-efficacy, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,7672. Hal ini mengimplikasikan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar dan Self-efficacy yang tinggi akan memiliki hasil belajar matematika yang tinggi pula. Oleh karena itu, meningkatkan Self-efficacy dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Kata kunci: Kata kunci_1, Hasil Belajar Matematika_2, self-efficacy_3, Motivasi Belajar
Abstract
The following are the goals of this study: (1) To ascertain if self-efficacy and learning results in mathematics are correlated. (2) To ascertain the relationship between learning results in mathematics and learning motivation. (3) To ascertain how learning motivation and self-efficacy relate to the learning outcomes in mathematics. In the school year 2024–2025, grade 11 students of SMA Negeri 1 Balen participated in this study. This study connects one variable with one or more other variables; it is a non-experimental correlation study. Instruments for this study included learning motivation surveys and self-efficacy questionnaires. In this study, 36 respondents from 206 populations made up the sample. The following are the study's findings: (1) Self-efficacy and learning results in mathematics have a positive and significant association of 0.7427. (2) Learning motivation and mathematics learning results have a strong and positive link (0.6604). (3) Self-efficacy, learning motivation, and mathematics learning results have a positive and significant connection of 0.7672. This implies that pupils with high levels of learning motivation and self-efficacy will also have excellent learning results in mathematics. Therefore, raising self-efficacy and learning motivation may enhance mathematical learning results.
Keyword: , mathematics learning outcomes _2, self-efficacy_3, learning motivation
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, Y. D. (2020). Pengaruh Self-efficacy, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas, dan Kreativitas. Economic Education Analysis Journal, 258. doi:DOI: 10.15294/eeaj.v9i1.37169
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 4 No.2, 134-139.
Istikharoh. (2022). HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas XII MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo).
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). STUDI ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol 4 No. 2, 156-162.
Mayasari, N., & Alimuddin, J. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Banyumas: CV. Rizquna.
Sari, D. P., Yana, & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacydan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9. doi:https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.
Widiarti, E. (2023). UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA KIT MAGNET BAGI SISWA KELAS IX. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 3 No. 2, 122.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.