PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA WISATA BUDAYA BOJONEGORO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Widiyana Lestari, Dwi Erna Novianti, Novi Mayasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini termasuk dalam jenis studi pengembangan yang bertujuan untuk: (1) Menguraikan konsep etnomatematika yang terdapat dalam konteks wisata budaya di Bojonegoro, dan (2) Merancang serta mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis etnomatematika guna mendukung proses pembelajaran materi bangun ruang, dan (3) Menganalisis kualitas serta kelayakan produk yang dikembangkan. Metode yang digunakan mengadaptasi model pengembangan 4D dari Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi hingga tahap develop (3D) dengan tujuan menghasilkan produk yang valid dan mendapat respon positif dari siswa sebagai indikator efektivitas. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas VIII MTs Mujahidin Sambong tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Bentuk arsitektur wisata budaya seperti Kayangan Api dan Padangan Heritage mengandung unsur geometris yang dapat dijadikan konteks pembelajaran bangun ruang melalui pendekatan etnomatematika, (2) Pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika yang valid dan relevan, dan (3) Analisis terhadap kelayakan produk E-LKPD melalui validasi ahli menunjukkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 95%, terdiri dari skor 97% untuk ahli materi dan 93% untuk ahli media. Uji kepraktisan berdasarkan respon siswa menunjukkan skor rata-rata 88%, yang termasuk kategori sangat praktis. Sementara itu, efektivitas produk berdasarkan skor N-Gain sebesar 0,47347, yang termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulannya, E-LKPD berbasis etnomatematika layak digunakan sebagai media ajar interaktif yang efektif dalam pembelajaran geometri dan mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan mengintegrasikan konteks budaya lokal yang bermakna.

Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, Etnomatematika

 

Abstract

This study is a type of development research aimed at: (1) Describing the concept of ethnomathematics within the context of cultural tourism in Bojonegoro, (2) Designing and developing an Ethnomathematics-Based Electronic Student Worksheet (E-LKPD) to support the teaching of three-dimensional geometry, and (3) Analyzing the quality and feasibility of the developed product. The research method adopted the 4D development model by Thiagarajan, which includes the stages of define, design, develop, and disseminate. However, this study was limited to the develop stage (3D) in order to produce a valid product and obtain positive responses from students as indicators of effectiveness. The research subjects consisted of 21 eighth-grade students from MTs Mujahidin Sambong in the 2024/2025 academic year, selected randomly. Data collection techniques included observation, questionnaires, and tests. The research findings revealed that: (1) The architectural forms of cultural tourism sites such as Kayangan Api and Padangan Heritage contain geometric elements that can be used as contextual material for teaching three-dimensional geometry through an ethnomathematics approach; (2) The developed ethnomathematics-based E-LKPD was valid and relevant; and (3) Product feasibility analysis based on expert validation showed excellent results, with an average score of 95%—comprising 97% from material experts and 93% from media experts. The practicality test based on student responses yielded an average score of 88%, categorized as very practical. Meanwhile, the effectiveness of the product, based on the N-Gain score of 0.47347, falls into the moderate category. In conclusion, the ethnomathematics-based E-LKPD is suitable to be used as an effective interactive learning medium in geometry instruction and is capable of enhancing students' understanding by integrating meaningful local cultural contexts.

Keyword: Development, E-LKPD, Etnomathematics


Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 39-46.

Budiarto, M. T. et al. (2022). ETNOMATEMATIKA (Teori, Pendekatan, dan Penelitiannya. In J. Munthahana, HAKIKAT, RASIONAL DAN MANFAAT ETNOMATEMATIKA (p. 9). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Hasan et al. (2023). DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN. In M. Ramadhani, Pendidikan Sebagai Ilmu (pp. 38-46). Makasar: Penerbit Tahta Media.

Isnaina, Z. M. R. (2022). Peranan Media Audio Visual Pada Keaktifan Bertanya Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD. JPM UIN Antasari , 40-41.

Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2018). Efektivitas Model Penemuan Terbimbing dengan Menggunakan Tugas Superitem terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 55-60.

Maydiantoro, Albet; dkk. (2021). Model-model Penelitian Pengembangan. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 29-35.

Novianti, D. E. (2022). Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Hybrid , 24-31.

Nugroho et al. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika UNIMUS, 78-84.

OECD. (2019). PISA 2018 results: Combined executive summaries. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org

OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I & II): Country notes - Indonesia. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org

Saputri et al. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. PROSIDING (SENTRINOV), 902-909.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S ; dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University, Bloomington.

Triyani, R et al. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 34-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.