TAHAPAN MENDESAIN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR

Sri Peni, Junarti Junarti, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak

Kebutuhan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka sangat dibutuhkan karena keterbatasan modul yang dimiliki guru menghambat pembelajaran, menurunkan motivasi siswa, dan melemahkan pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika Kurikulum merdeka untuk SMP yang valid dan praktis, dengan penyajian materi yang ringkas dan jelas disertai ilustrasi gambar, sehingga mampu menarik minat siswa, dan memudakan pemahaman materi bangun datar. Produk yang dirancang menggunakan aplikasi dalam bentuk e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian penilaian dari para validator memperoleh 0,87 ahli materi dan 0,82 ahli media. Kelayakan media berdasarkan angket respons guru 94,48% termasuk kategori sangat layak. Hasi uji N-Gain score didapat 72% dari menghitung selisih nilai pre-test dan post-test dengan kategori cukup efektif. E-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar untuk sisa kelas VII SMP sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

 

Kata kunci: e-modul matematika, Kurikulum Merdeka, bangun datar

 

 

Abstract

The need for teaching modules in the Merdeka Curriculum arises because the limited modules available to teachers hinder learning, reduce student motivation, and weaken students' understanding of the material. This study aims to develop a valid and practical independent math e-module for junior high school, featuring a concise and clear presentation of the material accompanied by illustrative images to attract students' interest and facilitate understanding of flat building materials. The product is designed as an application in the form of an e-module. The research method used is development research (R&D) following the ADDIE model. The assessment results from validators showed scores of 0.87 from material experts and 0.82 from media experts. Media feasibility, based on a teacher response questionnaire, was 94.48%, falling into the very feasible category. The N-Gain score test results showed a 72% improvement based on the difference between pre-test and post-test scores, categorized as fairly effective. The developed e-module is suitable for teaching the topic of flat building materials to seventh-grade junior high school students in accordance with the Merdeka Curriculum.

 

Keyword: mathematics e-module, Merdeka Curriculum, plane geometry

 


Full Text:

PDF

References


Amtonis, J. S., Sumarti, S. S., & Wardani, S. (2022). Pengembangan E-Book berbasis Kearifan Lokal pada Pembuatan Jamu Tradisional sebagai Literasi Kimia dengan Pendekatan Etno-STEM. Jurnal Edukimia, 4(3), 105-112. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i3.a429.

Amini, F., Kelana, J. B., & Mugara, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206.

Junarti, Zainudi, M., Novela, Y. (2022). Membangun Kemandirian Belajar Aljabar Abstrak melalui Modul Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri, 1(1): 265-287.

Juriah, I., Ritonga, M. U., & Adisaputra, A. (2025). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terhadap Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 802-810.

Nisa, S., Lena, M. S., Safitri, S., & Anas, H. (2023). Implementasi Guru Melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di SD. Science and Education Journal (SICEDU). https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i2.115.

Noerudin, A. (2023). Anis Umi Khoirotunnisa’ 1) , Sujiran 2) , Ali Noerudin 3) 1). 10(2), 53–60.

Nur Toyyibah, & Umi Hanik. (2024). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas III Sdn Dlambah Dajah 2. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 08–12. https://doi.org/10.56127/jushpen.v3i2.1567

Magdalena, I., Khofifah, A., Auliyah, F., & Tangerang, U. M. (2023). Cendikia pendidikan. 2(5). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332.

MANDALIKA, Wayan Pudma Febby, et al. Analisis Rancangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 2024, 9.1: 69-79.

Manullang, N. (2023). Desain Modul Praktikum Daya Listrik Pada Mata Kuliah Dasar Energi Listrik (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Maryanti, I. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 630–640. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1636

Mulyani, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi melalui Metode Show Not Tell pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. SMP Negeri 2 Tuntang

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1),99-107. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i1.

Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. INVENTA, 5(1). https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623.

ROSNAWATI, S. Pd, et al (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab..

Saputri, A. N. (2023). ELSE ( Elementary School Education. Else, 8(2), 1–8.

Puspasari, Ratih, and Tutut Suryaningsih. Graf untuk Mahasiswa Pendidikan "Pengembangan Buku Ajar Teori Matematika." Jurnal Tadris Matematika 2.1 (2019): 85-100.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika ), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Sitepu, D. S. B., & Herlinawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen untuk SMA kelas X. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.195.

Pendit, S. S. D., Amelia, C., Azizah, A., Pilok, N. A., & Sitepu, M. S. (2022). Pengembangan e-modul discon berbasis android (e-modul disroid) materi bunyi bagi siswa sekolah dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 175-191.

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.

Nadiasari, E. (2023). Pengembangan Bahan AJar Project Based Learning Berbasis Kajian Etno-STEM pada Proses Pembuatan Batik Kawung di Yogyakarta. Universita Sanata Dharma.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.