PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL DAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Abstrak
Penggunaan teknologi di abad XXI terus berkembang dan menuntut dunia pendidikan untuk ikut beradaptasi. Guru dituntut mampu menguasai teknologi sebagai sarana komunikasi dan penyampaian materi. Saat ini tersedia berbagai platform di internet yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk merancang media pembelajaran, salah satunya adalah Google sites. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google sites berbantuan wordwall dan flipbook pada materi persamaan garis lurus serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan terhadap pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama.. Pada tahap implementasi, dilakukan uji coba skala kecil terhadap 16 siswa dan uji coba skala besar terhadap 32 siswa SMPN 1 Rengel. Validitas media dikaji melalui penilaian ahli media dan ahli materi, yang menunjukkan skor validitas sangat tinggi (masing-masing 0,88 dan 0,91). Uji kepraktisan menunjukkan respon sangat positif baik dari siswa (92,71% skala kecil dan 93,03% skala besar) maupun guru (91,67%), dengan kriteria "Sangat Praktis". Uji keefektifan dihitung menggunakan N-Gain, dengan hasil 0,61 (skala kecil) dan 0,58 (skala besar), yang termasuk kategori efektivitas sedang. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya materi persamaan garis lurus.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Google sites, Wordwall, Flipbook
Abstract
The use of technology in the 21st century continued to grow and demanded the education sector to adapt accordingly. Teachers were required to master technology as a means of communication and content delivery. At that time, various online platforms were available for teachers to design instructional media, one of which was Google Sites. This study aimed to describe the stages of developing interactive learning media based on Google Sites, supported by Wordwall and Flipbook, for the topic of linear equations, as well as to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed media in learning. The study applied the ADDIE development model, which consisted of five main stages. In the implementation phase, a small-scale trial was conducted with 16 students and a large-scale trial with 32 students from SMPN 1 Rengel. The validity of the media was assessed through expert evaluations in both media and content, which showed very high validity scores (0.88 and 0.91, respectively). The practicality test showed very positive responses from both students (92.71% for the small-scale and 93.03% for the large-scale trial) and the teacher (91.67%), all categorized as "Very Practical." The effectiveness test was calculated using the N-Gain score, resulting in 0.61 (small-scale) and 0.58 (large-scale), both falling into the moderate effectiveness category. These results indicated that the developed learning media was valid, practical, and effective for use in mathematics learning, particularly on the topic of linear equations.
Keyword: Development, Learning media, Google sites, Wordwall, Flipbook
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A. R., & Kowiyah. (2021, Agustus). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5, 2370-2376.
Indriani, A., Puspitaningsih, S., Mayasari, N., & Junarti. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Balen Bojonegoro. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6, 261-266.
Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal TEKNODIK, 27, 51-62.
Munawarah, Fajriana, Listiana, Y., Maryana, & Aklimawati. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3, 37-47.
Nisa, A. W., & Purwati, P. D. (2024, Desember). Penerapan E-Flipbook Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10, 234-246.
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9, 5202-5210.
Oktarianti, D., Febriand, R., & Frima, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5, 4093-4100.
Putri, E. S., Budiana, S., & Resyi , A. G. (2023, Januari). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6, 104-108.
Rismayanti, T. A., Anriyani, N., & Sukirman. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia, 6, 859-873.
Saputri, I., & Rahmi, L. (2024, Februari). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA Jurnal Kependidikan, 13, 15-22.
Sari, T. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash di SD Negeri 4 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Suriyah, P., & Novianti, D. E. (2022). Pengembangan Literasi dalam Pembelajaran Matematika (Apa dan Bagaimana?). Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1, 103-106.
Yusrizal, Safiah, I., & Nurhaid
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.