EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI KESEBANGUNAN SISI DATAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan hasil belajar siswa yang substansial antara media video animasi dengan teknik konvensional/ceramah pada materi kesamaan sisi datar kelas IX SMPN 5 Cepu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif yang signifikan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media video animasi dengan pembelajaran dengan metode konvensional/ceramah pada materi kesamaan sisi datar kelas IX SMPN 5 Cepu, dimana t hitung = 8,95 dan t tabel = 2,00 karena t hitung > t tabel menolak H0 dan menerima H1. Materi pembelajaran kesamaan kelas IX SMP Negeri 5 Cepu menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang substansial antara media video animasi dengan model tradisional.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar, SMPN 5 CEPU
Abstract
This research examines the substantial disparities in student learning results between animated video media and conventional/lecture techniques on the similarity of data sides of class IX SMPN 5 CEPU. This is a quantitative, experimental study. Data is collected via documentation and testing. The analysis shows that there are significant positive differences in student learning outcomes between learning using animated video media and learning using conventional / lecture methods on the similarity of flat sides of class IX SMPN 5 CEPU, where t count = 8.95 and t table = 2.00 because t count> t table rejects H0 and accepts H1. The similarity learning material of class IX at SMP Negeri 5 Cepu shows a substantial difference in students' mathematics learning results between animated video media and traditional models.
Keywords: Learning Media, Animated Videos, Learning Outcomes, SMPN 5 CEPU
Full Text:
PDFReferences
Amin, N. F., Garancang,F. S., & Abunawas, K., (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Journal Pilar. 14 (1).
Auliananda, Devina (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Al Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro
Dwi, Nur Indah Sari. (2021) Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Nana, S. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosidakarya.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798–1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144.
Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 498–505. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.350
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(3), 3928–3936.
Rohenan, R. (2021). Pemanfataan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Semangat Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Tebo. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(1), 46-53.
Yusri, D., & Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.
Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020, November). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Ciparay I Tahun Ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 222-228).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.