ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP

Ryan Yulianto, Ali Noeruddin, Taufiq Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk kesulitan yang dialami siswa saat menyelesaikan soal-soal pada materi aljabar, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya kesulitan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngraho. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian tes uraian sebanyak lima soal, wawancara, serta dokumentasi hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar, khususnya yang berkaitan dengan pemahaman konsep dasar bentuk aljabar yang meliputi kesalahan konsep dasar, prosedur operasi, dan interpretasi soal cerita matematika. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal aljabar antara lain adalah ketidaktepatan dalam penulisan simbol operasi matematika, rendahnya motivasi belajar, kurangnya pemahaman terhadap simbol matematika, ketidaktelitian dalam pengerjaan, serta lemahnya kemampuan dalam menerjemahkan soal ke bentuk matematika.

 

Kata kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Aljabar

 

 

Abstract

This study aimed to identify the various types of difficulties experienced by students when solving algebra problems, as well as to determine the factors that contribute to these difficulties. The research employed a qualitative approach using a descriptive method. The subjects of the study were 30 seventh-grade students at SMP Negeri 1 Ngraho. Data collection techniques included administering five essay-type questions, conducting interviews, and documenting students’ written work. The results showed that students encountered obstacles in solving algebra problems, particularly those related to understanding the basic concepts of algebraic forms, which included errors in conceptual understanding, operational procedures, and interpreting word problems. The factors contributing to students’ errors in solving algebra problems included inaccuracy in writing mathematical operation symbols, low learning motivation, limited understanding of mathematical symbols, lack of accuracy in working, and weak ability to translate problems into mathematical expressions.

 

Keyword: Learning difficulties, Mathematics, Algebra


Full Text:

PDF

References


Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915

Mufidah, A. B., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Analysis of Concept Understanding in Elementary Linear Algebra. Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.

Rohim, A., & Prayogi, B. T. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Inspiramatika, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v9i1.4446

Salim, N. A., Subakti, H., Khairunnisa, Y., Rohman, A., & Hidayat, T. (2023). Analisis Pengelolaan Kelas di Kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendas Mahakam, 8(1), 38–49.

Sitompul, M. T., Nia, K., & Effendi, S. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR Marchtina Theresa Sitompul 1 , Kiki Nia Sania Effendi 2 1,2. 5(2), 553–565.

Utami, A. D., Zainudin, M., Suriyah, P., Noeruddin, A., & Hasanudin, C. (2022). LITERASI PROGRAM ASESMEN NASIONAL UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN CALON GURU DI BOJONEGORO DAN SEKITARNYA. 1(1), 1–8.

Ying, C. L., Osman, S., Kurniati, D., Masykuri, E. S., Kumar, J. A., & Hanri, C. (2020). Difficulties that students face when learning algebraic problem-solving. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5405–5413. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081143


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.