IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Kolaboratif MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dalam pembelajaran aritmatika, serta menganalisis kemajuannya terhadap kemampuan aritmatika sosial siswa. Model MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) adalah model pembelajaran kolaboratif yang terfokus pada keterlibatan aktif siswa dalam memahami materi secara bertahap melalui enam tahapan sistematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen (eksperimen semu). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di SMP N 1 Ngraho Bojonegoro. Instrumen yang digunakan berupa tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rerata pre-test kelas eksperimen sebesar 45,781 dan pos-tes sebesar 77,781. Sehingga kemampun aitmatika sosial siswa yang terjadi mengalami peningkatan sebesar 64,61% setelah implementasi model pembelajaran kolaboratif MURDER (mood, understand, recall, digest, exspand, review) dalam pembelajaran aritmatika sosial.
Kata kunci: Implementasi, Model MURDER, Aitmatika Sosial, Matematika
Abstract
his study aims to describe the implementation of the MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Collaborative learning model in mathematics learning, especially in social arithmetic material, and to analyze its progress on students' social arithmetic abilities. The MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) model is a collaborative learning model that emphasizes the active involvement of students in understanding the material gradually through six systematic stages. This study is a type of quantitative research with a quasi-experimental design. The subjects of the study were grade VII students at SMPN 1 Ngraho Bojonegoro. The instrument used was a test. From the results of the study, it can be concluded that the average pre-test score of the experimental class was 45.781 and the post-test was 77.781. So that students' social arithmetic abilities increased by 64.61% after the implementation of the MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) collaborative learning model in social arithmetic learning.
Keyword:Implementation, Model MURDER, Social Aritmatic,Mathematics
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Junati, & Zuhriah, F. (2023). Pofil Literasi Matematis dan Gaya Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Daing IKIP PGRI Bojonegoo, 205–206.
Alghofari, W., & Ikashaum, F. (2024). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan konteks rumah adat lamban dalom. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 10(1), 81–97. https://doi.org/10.29407/jmen.v10i1.21693
Anggiana, A. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Khoirotunnisa’, A. U. (2018). Papan Akar Pangkat Dua (PAPAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Bagi Siswa SDN Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. J-ADMAS (Junal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6, 44–49.
Kholil, mohammad dan zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
Mayangsari, P. W. . S. & W. B. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Berbasis Media Interaktif Flash terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Metakognisi dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa (Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Materi Sistem Eks. Jurnal Edukasi, 2(2), 7–11.
Nihayah, L. F., Matematika, D., Matematika, F., Pengetahuan, I., Alam, D., & Malang, U. N. (2024). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM MERDEKA.
Setiyawan, H. (2017). Pembeljaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Luas Bidang pada Siswa Kelas III SD. INOVASI, XIX.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Peneitian. Alfabeta.
Tauhid, K., & Safari, ; |. (2024). PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.