PROFIL GAYA BRLAJAR SISWA MTS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Intan Suci Mustikawati, Junarti Junarti, Anis Umi Khoirutunnisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil gaya belajar siswa MTs dalam konteks materi Aritmetika Sosial guna memfasilitasi penggunaan strategi pedagogis yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan 22 siswa kelas VII di MTs Mujahidin Sambong, menggunakan kuesioner gaya belajar yang dikembangkan berdasarkan buku Quantum Learning karya Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuesioner mencakup tiga jenis gaya belajar: visual, auditory, dan kinestetik, yang dievaluasi menggunakan skala Likert. Temuan menunjukkan bahwa 45% siswa memiliki gaya belajar visual, 32% memiliki gaya belajar auditory, dan 23% memiliki gaya belajar kinestetik. Gaya belajar visual cenderung mengandalkan media gambar dan tampilan terstruktur, auditori menyerap informasi melalui pendengaran dan diskusi, sedangkan kinestetik memahami materi melalui aktivitas fisik dan praktik langsung. Pemilihan subjek lanjutan dilakukan berdasarkan kesalahan dalam pemecahan masalah matematika, yang dipilih secara acak dengan rekomendasi guru, serta kemampuan komunikasi siswa. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan karakteristik gaya belajar siswa, sehingga materi Aritmatika dapat disampaikan secara lebih efektif dan mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Gaya belajar, Siswa MTs, Aritmatika Sosial, Visual, Auditori, Kinestetik

 

 

Abstract

This research seeks to delineate the learning style profile of MTs students regarding Social Arithmetic content to facilitate the use of pedagogical strategies aligned with student characteristics.  This study used a qualitative descriptive methodology including 22 seventh-grade students at MTs Mujahidin Sambong, using a learning style questionnaire based from the book Quantum Learning by Bobbi DePorter and Mike Hernacki.  The study's results reveal that the questionnaire encompasses three kinds of learning styles: visual, auditory, and kinesthetic, which are evaluated using a Likert scale.  The study findings indicate that 45% of pupils possess a visual learning style, 32% an aural style, and 23% a kinesthetic approach. Visual learning styles tend to rely on image media and structured displays, auditory absorb information through hearing and discussion, while kinesthetic understands material through physical activity and direct practice. The selection of advanced subjects is based on errors in solving mathematical problems, which are randomly selected with teacher recommendations, as well as students' communication skills. These findings indicate the importance of implementing diverse learning strategies that are adjusted to the characteristics of students' learning styles, so that Arithmetic material can be delivered more effectively and support the success of the learning process.

 

 

Keyword: Learning style, MTs students, Social Arithmetic, Visual, Auditory, Kinesthetic

 


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Gaya Belajar Auditori. Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 28–35.

Albah, A. N., Suradi, & Minggi, I. (2015). Analisis Kesalahan dalam Pemahaman Teori Grup Mahasiswa S1 UnM Ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Awal ( Error Analysis is Proving Group Theory of Graduate Students of Unm Based on Learning Styles and Initial Ability ). 1–13.

Anita, R. P. & I. W. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal LEMMA, 6(2), 1637–1646. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3379

Bobbi DePorter & Mike Hernacki. (2007). Quantum Learning. PT Mizan Pustaka.

Hidayah, U., & Jahring. (2021). Analisi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890–2900.

Junarti, Novela, Y., Khoirotulnisa, A. U., Sari, E. D. P., Mayasari, N., Mardianto, O. V., & Rohman, N. (2022). Jenis-jenis Koneksi Matematika pada Aljabar. In E. Santoso (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Junarti, & Simanungkalit, R. H. (2024). Pola Berpikir Pemecahan Masalah Limit Fungsi di Sekolah Menengah Atas (E. Santoso (ed.)). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Koirotunnisa, A. U., Junarti, & Novela, Y. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI REPRESENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAMBON PADA MATERI PERSAMAAN. Journal of Technologi Mathematics and Soaial Science, 3(2), 27–38.

Kurnia, L., Abdiassahirah, T., & Maemunah, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Tahap Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 357–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.19800

Linggih, I. K., & Toyang, A. F. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Katolik Makale Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Zigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.974

Muhammad Hasan, Imam Tarboni, Mastari Ramadhani, Besse Dahliana, Nur Arisah, Septian Nur Ika Trisnawati, Rissa Megavitry, Tuti Supatminingsih, Sudirman, Uswatun Khasanah, Ariyandi Batu Bara, Muhammad Machsun, Nury Prihatin, Hatsin Trustisari, Muhammad Ass, Y. T. (2023). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Penerbit Tahta Media.

Nasrul Khotimah, & Zainudin, M. (2023). Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 3(2), 50–55. https://doi.org/10.51836/jedma.v3i2.415

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Savitri Oktavia Irianto, Toto Nusantara, R. R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Penyelesaian Masalah Aritmatika. 9(4), 784–793.

Setiyanik, L., Junarti, J., & Utami, A. D. (2019). Profil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 6. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2983

Syahdela, A. A., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 94–101.

U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.