EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BENTENG VAN DEN BOSCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Aninda Putri Ferdian Tari, Dwi Erna Novianti, Novi Mayasari

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa SMP dalam geometri spasial dapat ditingkatkan dengan menggabungkan pendekatan etnomatematika dengan pengajaran berbasis PBL di wisata benteng Van den Bosch Ngawi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design sebagai pendekatan penelitian kuantitatif. Seluruh siswa kelas VIII menjadi populasi penelitian, dan kelas VIII D dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan cluster random selection. Tes dan dokumentasi adalah pendekatan yang digunakan untuk memperoleh data. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, keseimbangan, dan uji hipotesis. Kecintaan siswa terhadap budaya setelah pembelajaran dengan model PBL berbasis etnomatematika lebih besar dibandingkan dengan kecintaan siswa terhadap budaya sebelum pembelajaran dengan model PBL berbasis etnomatematika, sesuai dengan hasil analisis inferensial Independent Two Sample T dengan polled varians yang menghasilkan nilai Thitung = 4,2905 > Ttabel = 2,015. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII D dan VIII E di MTs N 2 Bojonegoro mendapatkan manfaat dari pendekatan PBL berbasis etnomatematika dengan menggunakan materi wisata Benteng Van Den Bosch.

 

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Etnomatematika, Hasil Belajar

 

 

Abstract

The aim of this study is to determine if junior high school students' learning outcomes in spatial geometry may be improved by combining an ethnomathematics approach with PBL-based teaching on the Van den Bosch Ngawi fort tour. This study used a quasi-experimental design using Nonequivalent Control Group Design as its quantitative research approach. All VIII students made up the study's population, and class VIII D was chosen as the experimental class and class VIII E as the control class using the cluster random selection approach. Tests and documentation were the approaches utilized to obtain the data. Data analysis requires the use of normality, homogeneity, balance, and hypothesis testing. Students' love for culture after learning with an ethnomathematics-based PBL model is greater than their love for culture prior to learning with an ethnomathematics-based PBL model, according to the results of the Independent Two Sample T inferential analysis with polled variance, which produced a value of Thitung = 4.2905> Ttabel = 2.015. This demonstrates that students in classes VIII D and VIII E at MTs N 2 Bojonegoro benefit from the ethnomathematics-based PBL approach using Fort Van Den Bosch tourist materials.

 

Keyword: Problem Based Learning Model, Ethnomathematics, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2519

Darma, Suaedi, & Ma’rufi. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 163–175.

Fatmawati Dilla, Putri Nur Aurora, Maya Nur Amalia, Anggian Ristianto, Mayrasassi Utami, & Trimurtini. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Makanan Daerah Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segiempat. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 297–308. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7456

Hafid, A., & Mayasari, N. (2023). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Lkpd Dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 3(1), 2829–3363.

Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). Pemahaman Konsep Geometri Pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 204–210. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p204-210

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil Kemampuan Matematika Siswa Smp Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar Timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732

Novianti, Dwi, E., Zaenuri, Z., & Mariani, S. (2023). Etnhomathematics: Exploration of Mathematical Elements in Oklik Music Art. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(3), 1227–1237. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i3.202325

Novianti, D. E., Dewi, N. R., & Waluyo, S. B. (2022). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach (A study on Regency Local Wisdom). International Conference on …, 142–148. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/view/1741%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/download/1741/1227

Novianti, E. D. (2022). Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika. 24–31.

Priadana M.S, P. D., & Sunarsi S.Pd. M.M.CHt, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Susanta, A., Susanto, E., Maizora, S., & Rusdi, R. (2021). Analisis Kemempuan Siswa Smp/Mts Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 131. https://doi.org/10.31949/th.v5i2.2567


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.