KESULITAN BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAAH MATEMATIKA SOAL CERITA

Diva Berlyana Putri, Junarti Junarti, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak

Peserta didik yang mengalami hambatan dalam pembelajaran matematika cenderung melakukan kesalahan dalam proses perhitungan maupun saat menyelesaikan soal berbentuk cerita (soal kontekstual). Kesulitan tersebut umumnya bersumber dari ketidakmampuan memahami isi soal secara menyeluruh serta kebingungan dalam menentukan rumus atau strategi penyelesaian yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut dalam mengerjakan soal bangun ruang berbentuk cerita di kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 28 siswa kelas IX SMP Negri 1 Ngraho pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian tes tertulis berbentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan yang dialami siswa meliputi: (1) ketidakmampuan dalam memahami soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang, (2) ketidaktepatan dalam memilih dan menggunakan rumus matematika, serta (3) kurangnya ketelitian dalam melakukan perhitungan. Faktor internal yang berkaitan dengan kesulitan tersebut mencakup rendahnya motivasi belajar, ketergantungan pada jawaban teman, lemahnya kemampuan berhitung, dan kurangnya konsentrasi saat mengikuti pembelajaran. Di sisi lain, faktor eksternal yang turut memengaruhi antara lain minimnya dukungan dan perhatian dari orang tua, kecenderungan penggunaan metode hafalan tanpa pemahaman konseptual, serta keterbatasan media pembelajaran yang menarik dalam proses pengajaran matematika.

Kata kunci: Kesulitan Belajar , Soal Cerita Matematika, Deskriptif Kualitatif  

 

Abstract

Students who experience obstacles in learning mathematics tend to make mistakes in the calculation process and when solving problems in the form of stories (contextual problems). These difficulties generally stem from the inability to understand the content of the problem thoroughly and confusion in determining the right formula or solution strategy. This study aims to identify the forms of learning difficulties experienced by students and the factors that cause these difficulties in working on the problem of building a space in the form of a story in grade IX of Junior High School. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The research subjects consisted of 28 grade IX students of SMP Negri 1 Ngraho in the even semester of the 2024/2025 school year. The data collection technique includes providing a written test in the form of 5 question descriptions, interviews, and documentation. The results of the study show that the forms of difficulties experienced by students include: (1) inability to understand story problems related to building spaces, (2) inaccuracies in choosing and using mathematical formulas, and (3) lack of precision in doing calculations. Internal factors related to these difficulties include low motivation to learn, dependence on friends' answers, weak numeracy skills, and lack of concentration when participating in learning. On the other hand, external factors that also affect include the lack of support and attention from parents, the tendency to use memorization methods without conceptual understanding, and the limitations of interesting learning media in the mathematics teaching process.

 

Keyword: Iearning Difficulties, Mathematical Story Problems, Qualitative Descriptive


Full Text:

PDF

References


Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA Universitas Muria Kudus , Kudus , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pentingnya ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap pelajaran l. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63

Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Fauzih, G., & Ismail. (2021). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Iqomah Bidari Hawa, & Ayu Tsurayya. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1184–1192. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.774


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.