DESKRIPSI KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kemampuan belajar aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Migas Senori pada tahun ajaran 2025–2026 dengan menggunakan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang didukung dengan mathpoly. Metode penelitian yang digunakan adalah desain quasi-eksperimental dengan kerangka pretest-posttest pada satu kelompok. Penelitian ini menggunakan instrumen penilaian untuk mengevaluasi hasil belajar kelompok eksperimen. Peserta penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Migas Senori. Metode pedagogis Teams Games Tournament (TGT) yang diterapkan oleh Mathpoly secara efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam aritmetika sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai skor rata-rata 80,64, melebihi skor awal 66,00. Simpulan bahwa berdasarkan uji T satu pihak satu pihak diperoleh nilai t obs > t tabel atau 3,738 > 2,012 pada taraf signifikan 5%, sehingga menolak H0 dan menerima H1. Terdapat peningkatan kemampuan belajar siswa dalam aritmatika sosial setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang didukung oleh Mathpoly di kelas VII-B SMP Migas Senori pada tahun ajaran 2025/2026.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Mathpoly, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial.
Abstract
The purpose of this study was to determine the social arithmetic learning capacities of seventh-grade students at SMP Migas Senori during the 2025–2026 school year by using the Teams Games Tournament (TGT) learning paradigm, enhanced with mathpoly. The employed research methodology was a quasi-experimental design featuring a one-group pretest-posttest framework. This study employed an assessment instrument to evaluate the learning outcomes of the experimental group. The research participants were seventh-grade students from SMP Migas Senori, class VII-B. The Teams Games Tournament (TGT) pedagogical method, administered by Mathpoly, effectively improved students' skills in social arithmetic. The results demonstrated that students' learning outcomes attained an average score of 80.64, exceeding the initial score of 66.00. The conclusion that based on the one-tailed one-tailed T test, the t obs value was obtained> t table or 3.738> 2.012 at a significance level of 5%, resulting in the rejection of H0 and the acceptance of H1. There is an enhancement in students' learning capabilities in social arithmetic following the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) learning model, aided by Mathpoly, in class VII-B of SMP Migas Senori during the 2025/2026 academic year.
Keyword: teams game tournament, mathpoly, learning outcomes, social arithmetic
Full Text:
PDFReferences
Adi Ahdiat. (2024, January 25). Kemampuan Matematika Pelajar Indonesia Turun. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Demografi/Statistik/169ba863e25c3d3/Pisa-2022-Kemampuan-Matematika-Pelajar-Indonesia-Turun
Deni Purbowati. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Aku Pintar. Https://Akupintar.Id/Info-Pintar/-/Blogs/Faktor-Faktor-Yang-Mempengaruhi-Hasil-Belajar-Siswa
Estiningtyas, A. (2023). No Title. Sonara.Id. Https://Www.Sonora.Id/Read/423786232/Aritmatika-Sosial-Pengertian-Dan-Jenis-Lengkap-Dengan-Rumusnya
Junarti, Novela, Y., Khoirotulnisa, A. U., Sari, E. D. P., Mayasari, N., Mardianto, O. V., & Rohman, N. (2022). Jenis-Jenis Koneksi Matematika Pada Aljabar. In Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (Vol. 11, Issue Koneksi Matematis).
Junarti, & Simanungkalit, R. H. (2024). Pola Berpikir Pemecahan Masalah Limit Fungsi Di Sekolah Menengah Atas (E. Santoso (Ed.)). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Khasanah, A. A. (N.D.). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mathpoly Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In PEDIAMATIKA: Journal Of Mathematical Science And Mathematics Education (Vol. 01, Issue 02).
Koirotunnisa, A. U., Junarti, & Novela, Y. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Representasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ngambon Pada Materi Persamaan. Journal Of Technologi Mathematics And Soaial Science, 3(2), 27–38.
Miana Solehah, A., Yanti, D., Hasan, M., Islam An Nur Lampung, U., Pesantren No, J., Jati Agung, K., & Lampung Selatan, K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Mewujudkan Pembelajaran Humanistik Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX Di Madrsah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal On Education, 05(04), 11166–11173.
Muhammadiyah Mataram, U., Fatwatun Najah, E., Nurhalimah, A., & Mandailina, V. (N.D.). Seminar Nasional Paedagoria Implementasi Teori Belajar Matematika Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa.
Novianty, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Siswa Kelas Vii.5 Smp Negeri 3 Pallangga. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 262–270. Https://Doi.Org/10.33659/Cip.V9i2.209
Panjaitan, S. M., Sitepu, C., Hutabarat, C. P., Manalu, D. B., Joissalina, E., Sihaloho, B., & Tampubolon, A. M. (N.D.). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Tarutung. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V3i2
Sadiman, Rahardjo, Haryono, & Rahardjito. (2011). Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatanya. Media Pendidikan. Https://Www.Rajagrafindo.Co.Id/Produk/Media-Pendidikan/
Setiyanik, L., Junarti, J., & Utami, A. D. (2019). Profil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 6. Https://Doi.Org/10.33474/Jpm.V6i1.2983
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.