DIGITALISASI SEKOLAH : LANGKAH STRATEGIS MENUJU PENDIDIKAN MASA DEPAN

Aditya Darma Putra, Firgo Septiansyah, Indri Fatmawati, Day Ramadhani Amir Ramadhani Amir

Abstract


Abstrak

Digitalisasi sekolah merupakan sebuah langkah strategis dalam merespons dinamika globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut dunia pendidikan untuk lebih adaptif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan masa depan. Proses ini tidak hanya sebatas penggunaan perangkat digital dalam kegiatan pembelajaran, tetapi juga mencakup transformasi sistemik dalam manajemen pendidikan, pengembangan kurikulum, serta peningkatan kompetensi literasi digital di kalangan pendidik dan peserta didik. Artikel ini mengkaji konsep digitalisasi sekolah, peran teknologi pendidikan, dan pentingnya literasi digital sebagai fondasi dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang dinamis dan berkualitas. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, pembahasan difokuskan pada urgensi integrasi teknologi dalam pendidikan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa digitalisasi sekolah dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, efisiensi administrasi, serta memperluas akses terhadap sumber daya pendidikan. Namun, keberhasilan digitalisasi memerlukan kesiapan infrastruktur, kebijakan yang mendukung, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kata kunci: digitalisasi sekolah, teknologi pendidikan, literasi digital

 

Abstract

School digitalization is a strategic step in responding to the dynamics of globalization and the Fourth Industrial Revolution, which demand that education systems become more adaptive, innovative, and aligned with future needs. This process goes beyond the mere use of digital devices in learning activities; it involves a systemic transformation in educational management, curriculum development, and the enhancement of digital literacy among educators and students. This article explores the concept of school digitalization, the role of educational technology, and the importance of digital literacy as a foundation for creating a dynamic and high-quality educational ecosystem. Using a qualitative descriptive approach, the discussion focuses on the urgency of integrating technology into education and the challenges faced in its implementation. The findings indicate that school digitalization can improve learning effectiveness, administrative efficiency, and access to educational resources. However, its success requires adequate infrastructure, supportive policies, and the development of human resource capacity.

Keywords: school digitalization, educational technology, digital literacy

 


Full Text:

PDF

References


Astuti,W. & Wibowo, S. A. (2021). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 14-22.

Aswita, D. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. K- Media: Bantul, Yogyakarta.

Fitria, Anariska, dkk. (2024). Kurikulum Merdeka di Sekolah: Konsep dan Praktik. Thalibul Ilmi Publishing & Education: Gresik.

Nasution, A. (2023). Literasi Digital dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendididkan, 11(2), 101-110.

Putri, R. A., & Rahmawati, Y. (2023). Analisis Kompetensi Digital Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 55–64.

Sari, D. P., Nugroho, Y., dkk. (2022). Tantangan Digitalisasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Daerah 3T. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(3), 128–136

Suryani, N., & Hadi, S. (2021). Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Mendukung Transformasi Digital. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1), 88–97.

Zebua, R. S. Y. (2023 ). Transformasi Pendidikan (Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar). PT. Sonpedia Publishing Indonesia: Jambi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.