PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN BAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MTS

Faiqotul Himmah, Dwi Erna Novianti, Novi Mayasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended berbantuan bamboozle terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 1 Bojonegoro tapel 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kels VIII yang berjumlah 328 siswa. Sampel penelitian ini ada kelas VIII-A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-B dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah soal tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji t dan dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan didapat thitung>ttabel yaitu (10,867>1,669), maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open-ended berbantuan aplikasi bamboozle efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di MTsN 1 Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran open-ended berbantuan aplikasi Bamboozle secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: open ended_1, bamboozle_2, hasil belajar matematika_3

 

 

Abstract

The problem in this study is that most of the students of class VIII MTsN 1 Bojonegoro have quite low mathematics learning outcomes. This study aims to determine the effect of the open-ended learning model assisted by bamboozle on students' mathematics learning outcomes in statistics material for class VIII MTsN 1 Bojonegoro academic year 2024/2025 totaling 328 students. The sample of this study was class VIII-A with 32 students as the control class and VIII-B with 33 students as the experimental class. The research sampling technique was cluster random sampling. The data collection method was a test. The research instrument used was a mathematics learning outcome test in the form of a description. Hypothesis testing used statistical techniques with the t-test and prerequisite tests were carried out, namely the normality test, homogeneity test and balance test. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the results of students' mathematics learning after being given treatment were obtained thitung>t tabel, namely (10.867>1.669), so it can be concluded that the open-ended learning model assisted by the bamboozle application is effective in improving the mathematics learning outcomes of class VIII students in statistics material at MTsN 1 Bojonegoro.

Keyword: open-ended_1, bamboozle _2, mathematics learning outcomes_3

 


Full Text:

PDF

References


Andika, R., & Mayasari, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fungsi Dengan Pendekatan Onde (Open Ended) Untuk membangun Kemandirian Belajar siswa Pada Siswa Ma Al-Khoiriyah Balen. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 2(2), 27-36.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D. (2019). Tingkat kesukaran soal dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 45-53.

Buana, A. (2021). Pengembangan model pembelajaran Open-Ended untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45–56.

Buana, A., Sari, R., & Wulandari, D. (2023). Efektivitas model pembelajaran Open-Ended dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(4), 210–225.

Budiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono. (2016). Statistik terapan untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djikilo, R., Usman, M., & Kaluku, S. (2023). Strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 210–225.

Guilford, J. P. (1956). Psychometric methods (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Hafid, A., & Mayasari, L. (2023). Pengembangan kecerdasan, kepribadian, dan keterampilan individu melalui pendidikan formal dan informal. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 67–78.

Junarti, S., Hafid, A., & Mayasari, L. (2022). Proses pembelajaran matematika dan pengembangan keterampilan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(4), 78–89.

Laily, A. N., Indriani, A., & Mayasari, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 11(1), 27-36.

Lutfiah, N. (2021). Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 34–42.

Muflikhah, S., Sari, R., & Wulandari, D. (2024). Pemanfaatan aplikasi Bamboozle dalam pembelajaran matematika berbasis permainan edukatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 55–66.

Novianti, D. E. (2021). Asesmen kompetensi minimum (AKM) dan kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85-91.

Novianti, R. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 145–156.

Novianti, D. E., Suriyah, P., & Zaenuri, Z. (2023, June). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 217-221).

Nugraha, A., Sandika, D., & Putri, M. (2021). Hambatan pencapaian tujuan pendidikan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam D. Sandika (Ed.), Kajian Pendidikan Kontemporer (hlm. 89–102). Yogyakarta: Pustaka Edukasi.

OECD. (2023). PISA 2022 results: What students know and can do. OECD Publishing. doi.org

Saragih, R., Sari, D., & Putra, A. (2021). Model pembelajaran Open-Ended untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 98–107.

Siti Marwah, & Nurul Ain. (2022). Inovasi pembelajaran matematika berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 33–44.

Somayana, I. G. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 12–20.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahun, A., Budi, S., & Wati, L. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi Bamboozle terhadap keaktifan belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 77–88.

Usman, M., & Kaluku, S. (2021). Penerapan metode dan strategi pembelajaran yang relevan. Dalam R. Djikilo, M. Usman, & S. Kaluku (Eds.), Strategi Pembelajaran Inovatif (hlm. 45–60). Jakarta: Pustaka Ilmu.

Yandi, R., Anni, S., & Abdurrahman, T. (2023). Hasil belajar sebagai indikator keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 15–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.