STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Di sekolah siswa mendapat beberapa mata pelajaran yang wajib di pelajari, salah satunya matematika. Meskipun sering dipelajari di sekolah, pembelajaran matematika masih dihadapkan dengan banyak tantangan sehingga berimbas pada perolehan hasil belajar siswa. Untuk menangani tantangan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai serta media pembelajaran yang mendukung, seperti model pembelajaran Team Games Tournament yang menggunakan media digital Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami landasan teoritis terkait dengan pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media digital Kahoot, serta memperkuat relevansi hasil penelitian yang sebelumnya telah diperoleh peneliti dengan literatur terdahulu. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam studi ini yaitu Systematic Literature Review (SLR). Proses pengumpulan data melibatkan peninjauan dan pengkajian artikel-artikel yang memiliki keterkaitan dengan topik penelitian. Artikel-artikel tersebut merupakan artikel yang terbit dalam kurun waktu 2020-2025 dan diperoleh dari Google Scholar dan ScienceDirect. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, motivasi belajar, dan ketertarikan siswa pada proses pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan penerapan penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament yang menggunakan media digital Kahoot memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Team Games Tournament, Kahoot, Hasil Belajar Siswa
Abstract
In schools, students receive several compulsory subjects, including mathematics. Although often studied in schools, mathematics learning still faces many challenges that impact student learning outcomes. Appropriate learning strategies and supporting learning media are needed to address these challenges, such as the Team Games Tournament learning model using Kahoot digital media. This study aims to explore the theoretical basis related to the influence of the Team Games Tournament learning model assisted by Kahoot digital media and to strengthen the relevance of the research results that researchers have previously obtained with previous literature. The research approach applied in this study is the Systematic Literature Review (SLR). The data collection process involves reviewing and examining articles that are related to the research topic. These articles are articles published in the period 2020-2025 and obtained from Google Scholar and ScienceDirect. The results of the study show that there is an increase in student learning activities, learning motivation, and student interest in the learning process, so it can be concluded that the application of the Team Games Tournament learning model using Kahoot digital media has a positive influence on student learning outcomes.
Keyword: Team Games Tournament, Kahoot, Student Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: meta analisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873–1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758
Fadly, R. D., Sulastry, T., & Side, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga). Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 100–108. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14845
Hafid, A., & Mayasari, N. (2023). Penerapa Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media LKPD dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.30734/j’thoms.v3i1.3251
Hariati, I. N., Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2024). Sistem Literature Review: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.30734/j’thoms.v4i2.4553
Hariyati, Aunurrahman, & Nurdini, A. (2024). Penerapan Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(1), 56–60. https://doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4706
Hartono, M. S., & Sufyan, Q. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team GameTournament (TGT) Dalam Melatih Berfikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/ijier.v1i1.58
Indriani, A. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan Dan Dunia Industri), 89–102.
Magfirah, A. D., Sukardi, Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Pendas ; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4936–4948. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9595
Mulyadi, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 5(10), 4537–4543. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Mustofiyah, L., Markhamah, M., Fathoni, A., Sutama, S., & Hidayati, Y. M. (2025). Implementasi Kahoot dan Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa terhadap Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 972–981. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1330
Nilasari, A. E. C., Ferryka, P. Z., & Yuliana, Y. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran TGT Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 SDN 1 Karangduren Tahun Ajaran 2023/2024. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 86–103. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.942
Niri, N. R. B., Makaborang, Y., & Ina, A. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Di SMP Negeri 1 Waibakul. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 02(2), 239–243. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.713
OECD. (2023, December 5). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. Organisation for Economic Co-Operation and Development.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021). PI-MATH : Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1), 1–10. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math/article/view/240
Prestisdiva, H. N., & Kusuma, A. B. (2023). Eksplorisasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v9i1.4236
Sya’adah, U., Sutrisno, & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073
Umboh, D., Tarusu, D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Improvement of Student Mathematics Learning Outcomes Through Kahoot Learning Games Application At Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012124
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for Learning – A literature review. Computers and Education, 149. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818
Wulandari, A., Hendrastuti, Z. R., & Krisma, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 155–165. https://doi.org/10.32665/james.v7i2.3026
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1
Zawawi, A. Z. I., Susilaningtyas, T., & Irawati, T. N. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model TGT Berbantuan Kahoot! Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.56013/edu.v9i1.3055
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.