TAHAPAN PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITE BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media Google Sites, dengan bantuan geogebra dikembangkan dan dapat digunakan dalam pembelajaran persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan metodologi R&D (Research and Development), khususnya model ADDIE, yang merupakan singkatan dari analyze, design, develop, implement, and evaluate. Informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini berasal dari wawancara guru, tes, kuesioner. Ahli materi dan media yang relevan melakukan validasi media sebelum menguji hasilnya pada siswa. Para ahli di bidang material dan media memvalidasi temuan menggunakan metode v Aiken. Indeks validasi yang dihasilkan masing-masing-masing sebesar 0,93 dan 0,92, menunjukkan kategori yang sangat valid. Menggunakan rumus N-Gain untuk menghitung selisih antara skor sebelum dan sesudah tes untuk menentukan keefektifan media. Skor N-Gain adalah 0,6, menempatkannya kategori sedang, dan pengembangan menunjukkan bahwa dalam uji coba skala kecil, skor N-Gain 58% dan dalam uji coba skala besar 56% dengan kategori cukup efektif. Media yang layak untuk pembelajaran persamaan garis lurus memiliki nilai rata-rata 75,73 pada uji coba skala kecil dan 75,94 pada uji coba skala besar, menurut hasil angket respon siswa.
Kata kunci : media pembelajaran, matematika, google sites, geogebra, persamaan garis lurus
Abstract
The purpose of this study is to explain how Google Sites media, with the help of Geogebra, is developed and can be used in learning straight line equations. This study used R&D (Research and Development) methodology, specifically the ADDIE model, which stands for analyze, design, develop, implement, and evaluate. The information collected for this study came from teacher interviews, tests, questionnaires. Relevant material and media experts validated the media before testing the results on students. Experts in the field of materials and media validated the findings using the v Aiken method. The resulting validation indexes were 0.93 and 0.92 respectively, indicating a highly valid category. Using the N-Gain formula to calculate the difference between pre- and post-test scores to determine the effectiveness of the media. The N-Gain score was 0.6, placing it in the medium category, and the development showed that in the small-scale trial, the N-Gain score was 58% and in the large-scale trial 56% with a fairly effective category. The media that is suitable for learning straight line equations has an average score of 75.73 in the small-scale trial and 75.94 in the large-scale trial, according to the results of the student response questionnaire.
Keyword :learning media, mathematics, google sites, geogebra, linear equations
Full Text:
PDFReferences
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 67–74.
Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.4
Gowasa, S. (2022). Pengembangan Modul Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Semester 1 Untuk Jenjang Smp/Mts. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 128–142. https://repository.usd.ac.id/43286/1/8243_1839-4398-1-PB.pdf
Hasibuan, R. S. H., Angraini, R. T., Rambe, R. B., & Suci Frisnoiri. (2023). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 02(2), 107–113.
Julita, J., & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Junarti, Novela, Y., Khoirotulnisa, A. U., Sari, E. D. P., Mayasari, N., Mardianto, O. V., & Rohman, N. (2022). Jenis-Jenis Koneksi Matematika Pada Aljabar. In Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (Vol. 11, Issue Koneksi Matematis).
Junarti, T., A. Y., & Amin, A. K. (2023). Building Student’s Mathematical Connection Ability In A Bstract Algebra : The Combination Of Analogy -Contruction - Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(1), 80–97.
Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464
Khoirotunnisa, A. U., Sujiran, S., & Noerudin, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran Berbasis Esperiental Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 53–60.
Koirotunnisa, A. U., Junarti, & Novela, Y. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Representasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ngambon Pada Materi Persamaan. Journal of Technologi Mathematics and Soaial Science, 3(2), 27–38.
Lutfiyah, F. M. (2024). Media Pembelajaaran Matematika Interaktif X-Math Berbasis Google Sites pada Materi Transformasi Geometri. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro.
Nurillahwaty, E. (2022). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. 1, 81–85.
Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823
Purnomo, R., Junarti, J., & Khoirotunnisa’, A. U. (2023). Pengembangan media BERANI ( Berbasis Android untuk Materi Fungsi ) untuk Membanggun Pemahaman Konsep Fungsi pada Siswa Kelas X MA Al-Khoiriyah Balen Kabupaten Bojonegoro. 3(1), 1–13.
Putro, A. N. S., Wajdi, M., Siyono, S., Perdana, A. N. C., Saptono, S., Fallo, D. Y. A., Khoirotunnisa’, A. U., Ningtyas, Kma. W. A., Leuwol, F. S., Pationa, S. B., Kumalasanti, R. A., & Setiyatna, H. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. In A. Nugroho Susanto Putro (Ed.), Revolusi Belajar Di Era Digital.
Qomariyah, R. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Etnomatematika Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro.
Rayanto, Y., & Sugianti, S. (2020). Penelitian Moel Pengembangan dan R2D2:Teori dan Praktek. Lembaga Academic&Research Institute.
Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel(SPLTV). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 54–61. https://sites.google.com/view/spltvsma.
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (S. Sutopo (ed.); 4th ed.). Alfabeta.
Surahmat, Putri, F. A., & Fuady, A. (2024). Training in the Use of the Geogebra Application on Straight Line Equations. 10(2), 187–192.
Syahdela, A. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023a). Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Media Quizizz. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(1), 226–235.
Syahdela, A. A., Junarti, & Zuhriah, F. (2023b). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 94–101.
Wahyuni, I., Mariana, D., & Junarti, J. (2023). Beberapa Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi dalam Optimalisasi Pembelajaran Trigonometri: Suatu Studi Kasus. Seminar …. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2263
Wahyuni, I., Mariana, D., & Junarti, J. (2024). Beberapa Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi dalam Optimalisasi Pembelajaran Trigonometri: Suatu Studi Kasus. Prosiding Seminar Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 126–133.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Zengin, Y. (2017). The effects of GeoGebra software on pre-service mathematics teachers’ attitudes and views toward proof and proving. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(7), 1002–1022. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1298855
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.