Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dalam Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Augmented Reality pada Kelas VII F SMPN 1 Parengan Tuban
Keywords:
News Writting, Quantum Learning, Augmented RealityAbstract
abstrak—Penelitian ini mendeskripsikan dan mengembangkan keterampilan menulis berita melalui media pembelarjaran berbasis Quantum Learning dengan bantuan Augmented Reality pada kelas VII F SMPN 1 Parengan Tuban. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penggunaan metode ini berdasar pada pengembangan media pembelajaran dan variabel data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh media Quantum Learning dengan bantuan Augmented Reality pada kemampuan menulis berita siswa VII F SMPN 1 Parengan Tuban. Sebelum diterapkannya media tersebut, keterampilan menulis berita siswa kelas VII F relatif seragam. Artinya pemahaman siswa tentang menulis berita relatif kurang. Hal ini terlihat dari pemilihan diksi, pemahaman struktur teks berita, dan pemilihan topik cukup kurang. Setelah adanya penggunaan media Quantum Leaerning dan Augmented Reality, keterampilan menulis berita siswa meningkat tajam dengan nilai rata-rata hampir 70%. Pemilihan diksi siswa mulai beragam, pemahaman stuktur teks berita setelah penerapan media tersebut juga cukup baik. Serta topik yang dipilih sesuai dengan fakta yang mampu dituliskan oleh siswa secara aktual dan faktual
Abstract— This study describes and develops news writing skills through Quantum Learning-based learning media with the help of Augmented Reality in class VII F of SMPN 1 Parengan Tuban. The method used in this study is classroom action research. The use of this method is based on the development of learning media and field data variables. The results of the study show the effect of Quantum Learning media with the help of Augmented Reality on the news writing skills of students in class VII F of SMPN 1 Parengan Tuban. Before the implementation of this media, the news writing skills of students in class VII F were relatively uniform. This means that students' understanding of news writing was relatively poor. This was evident in their choice of vocabulary, understanding of news text structure, and choice of topics. After the use of Quantum Learning media and Augmented Reality, students' news writing skills improved significantly, with an average score of nearly 70%. Students' word choice became more diverse, and their understanding of news text structure after implementing the media was also quite good. Additionally, the topics chosen were appropriate and aligned with facts that students could write about in an actual and factual manner.
References
Aditama, dkk. 2021. Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran, SENADA:Seminar Nasional Desain dan Arsitektur Vol. 2 https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/225
Andriani & Ramadani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol 7, No 2 http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3849
Andani & Anggraini. 2023. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 3. No. 2. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.467
Annisa., N., F. 2019. Penulisan Suatu Berita serta Kaitannya dengan Pembelajaran Siswa di Kelas. Surakarta: Universitas 11 Maret. https://doi.org/10.31227/osf.io/7xv68
Arikunto., S. 2020. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi., L & Somantri. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Metode Investigasi Kelompok pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 3 https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1011030&val=15323&title=Pening
Darningwati., Yunda, Lestari., Bambang, Sulistyo (2020) Keefektifan Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Teks Berita. Kredo Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4 (1). pp. 52-66. ISSN 2599-316X https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo
Febriani, Y., Fadisa, M, N., & Rusli. (2022). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Tebo. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 314-321 DOI: https://doi.org/10.58218/alinea.v2i2.393
Hidayatusholikah., N. dkk. 2023. Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning. JLE: Journal of Literature and Education. Vol. 1 No. 1 (9-18) DOI: https://doi.org/10.69815/jle.v1i1.
Manullang dkk. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube APHD Channel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Swasta Hkbp Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Journal Of Education Vol 6 No. 1 https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2939
Mukti, F. D. (2019). Pengembangan media pembelajaran augmented reality (AR) di kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 299–318. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174–183. https://doi.org/10.21831/jptk.v13i2.7380.
Muslikah & Rusnilawati. (2022). Penerapan Model Quantum Learninng dengan Media Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Disgrafia. JURNAL OBSESI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol, 6 No 6 DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3327
Putro, W. W., & Yugopuspito, P. (2024). Augmented reality untuk meningkatkan keterampilan menulis, berbicara, keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SD XYZ Bintaro. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3311–3327. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1515.
Suhartati., S. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita melalui Teknik Rangsang Gambar Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 19 Mataram. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 2 No. 2 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1189
Sihombing, L. O. L., Simanulang, R.., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas Viii Smp Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347–353. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.479
Siregar, T., Apriliani, A., & Kalsum, U. 2022. Al Itihadu Jurnal Pendidikan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu
Yeli., dkk, 2023. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Thamrin Yahya Tahun Ajaran 2022/2023. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research Vol. 3 No. 6 332-340 https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6280/4396
Yusup., H, dkk. 2023. Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 3 No 5 DOI: https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575