Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V SD Negeri Sumbertlaseh II Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro
Abstract
abstrak—Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengaplikasikan kualitas hasil kemampuan menulis puisi siswa serta mengetahui kualitas peningkatan kemampuan menulis puisi kelas VI SD Negeri Sumbertlaseh II. Metode penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pendekatan dalam penelitian yang berbasis kelas atau sekolah untuk melakukan pemecahan berbagai permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Hasil penelitan pertama diperoleh bahwa hasil, pada dasarnya para peserta didik kelas V mampu untuk membuat suatu puisi sederhana, hanya saja diperlukan media yang dapat merangsang imajinasi mereka. Kedua, media gambar ternyata dapat digunakan untuk merangsang imajinasi para peserta didik kelas V, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuat satu bait puisi.
Kata kunci— Menulis, puisi, media gambar
Abstract— The purpose of this research is to describe and apply the quality of the results of students' poetry writing abilities and to determine the quality of improving poetry writing abilities for class VI Sumbertlaseh II Elementary School. The research method used is Classroom Action Research (PTK). Classroom Action Research (PTK) is an approach in classroom or school-based research to solve various problems used in order to improve the quality of education. The results of the first research showed that basically class V students were able to create a simple poem, they just needed media that could stimulate their imagination. Second, it turns out that image media can be used to stimulate the imagination of class V students, so that in the end they can create a stanza of poetry.
Keywords— Poetry, writing, image media
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardana, Wayan. 1980. Beberapa metode statistik untuk keperlian penelitian pendidikan. Malang : Swadaya.
Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Soekamto, T. (1997). Teori belajar dan model pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soeratno, S., & Arsyat, L. (1988). Metodologi penelitian untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta : BPFE.
Sudjana, N. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syaiful, B. (2000). Guru dan anak didik dalam berinteraksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Usman, M. U. (2001). Menjadi guru profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.