Pengaruh Nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Literasi Asesmen Nasional Pada Siswa SMP Negeri 1 Bubulan

Kaifiyatika Nur Sayyidah, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Asesmen nasional merupakan evaluasi atau penilaian yang diperuntukkan bukan untuk siswa atau peserta didik saja namun juga untuk guru atau pendidik. Asesmen Nasional menjadi salah satu evaluasi dari sistem pendidikan yang diperlukan untuk mendapat informasi yang akurat maupun komprehensif agar menghasilkan suatu Profil Pendidikan. Asesmen Nasional (AN) memiliki tujuan mengukur hasil belajar kongnitif dan nonkongnitif, serta kualitas lingkungan belajar yang dimiliki instansi pendidikan. Literasi membaca serta numerasi terdapat pada hasil belajar kongnitif. Literasi memiliki arti suatu keahlian yang diwajibkan ada pada setiap peseta didik, karena penguasaan literasi bisa menolong peserta didik untuk menguasai berbagai mata Pelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mata pelajaran bahasa Indonesia erat kaitannya dengan kemampuan literasi dalam kurikulum menjelaskan proses pembelajaran mata pelajaran bahasa indonesia terdapat dua peran penting yaitu yang pertama meningkatkan kemampuan berbahasa seperti halnya berbicara, membaca, menyimak, dan menulis dapat membentuk kompetensi literasi seperti meningkatkan penguasaan keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menunjukkan ada dan tidaknya pengaruh persial secara signifikan antara nilai mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap peningkatan nilai literasi Asesmen Nasional. Pada penelitian ini menerapkan metode yaitu kuantitatif yang menerapkan analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai 0,044 < 0,05 memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap peningkatan nilai literasi Asesmen Nasional di SMP Negeri 1 Bubulan.

Kata kunci— Asesmen Nasional, literasi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

 

 

Abstract— National assessment is an evaluation or assessment intended not only fora studentse or learners butealsoeforeteachers or educators. National Assessment iseone of the evaluations of the educationesystemethateis needed toeobtain accurate and comprehensive information in orderetoeproduce an Education Profile. The National Assessment (AN) aims to measureecognitiveeand non-cognitiveelearningeoutcomes, as well as the qualityeof the learningeenvironmentein educational institutions. Reading literacy and numeracy are found in cognitive learning outcomes. Literacy means a skill that is required of every student, because mastering literacy can help students to master various subjects, especially Indonesian language subjects. Indonesian language subjects are closely related to literacy skills in the curriculum, explaining that the process of learning Indonesian language subjects has two important roles, namely the first is improving language skills such as speaking, reading, listeningeand writingewhich can form literacy competencies such as improving mastery of reading and writing skills. This research aims to show whether or not there is a significant partial influence between Indonesian Language Subject scores on increasing National Assessment literacy scores. This research applies a quantitative method that applies simple linear regression analysis. The results of hypothesis testing obtained a value of 0.044 < 0.05 which had a positive and significant influence on increasing the National Assessment literacy score at SMP Negeri 1 Bubulan.

Keywords— national assessment, literacy, Indonesian language subject

 


Keywords


national assessment, literacy, Indonesian language subject

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Adom, D., Mensah, J. A., & Dake, D. A. (2020). Test, measurement, and evaluation: understanding and use of the concepts in education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 109–119. doi: 10.11591/ijere. v9i1.20457

Agustina, E. S. (2023, December). Paradigma Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS (pp. 888-907).

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barlian, E. (2016). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif. Padang: Sukabina press, hlm. 82 https://osf.io/preprints/inarxiv/aucjd

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336

Direktorat Sekolah Dasar (2023) “Apa itu Literasi dan Numerasi” https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi#:~:text=Literasi%20numerasi%20adalah%20kecakapan%20untuk,literasi%20numerasi%20kepada%20anak%2Danak%3F

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hidayati, Anisah Kauniyah. (2016). “Hubungan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan”, Jurnal Prndidikan Guru sekolah dasar Edisi 31,

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Indahri, Yulia. (2021). “Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional”. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial Volume 12, No. 2.

Inne Amirman dan Zainal Arifin (1993), Penelitan dan Statistik Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, hlm. 53

Jumanah, Arjudina, & Rosyidah, A.N.K (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Primary Education Journal, 1(1), 44-51.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, pp. 1–37. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail#:~:text=Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan,dan literasi matematika (numerasi).

Kemendikbudristek (2016). “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dasar”; https://repositori.kemdikbud.go.id/24909/1/1629814115_Puslitjak_18_GLS_Serta_Implementasinya_di_SD.pdf

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Tahun 2023. Adiksimba Asesmen Nasional,

Kern, Richard. (2000). Litercy & Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88 5

Marga, Universitas Panca. (2022). “Pengaruh Literasi Dan Numerasi Dalam Meningkatkan Hasil Asesemen Kompetensi Minimum Kelas 5 Sdn Gading Kulon Ii Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023”, Jurnal Pendidikan Dasar & Keguruan, 172–81.

Mudana, (2020). Pembelajaran literasi melalui pendekatan saintifik dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar” karya I Gusti Agung Made Gede Mudana. Jurnal Penelitian Agama, 6(2), 2. Doi: https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/article/view/2041/1551

Nasution, N. (2008). Evaluasi pembelajaran fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ningsih, D. L., Oviyanti, F., & Atika, N. (2022). Pengaruh Belajar Daring pada Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tegal Rejo Kota Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1488–1494. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.592

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Permendikbudristek RI Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional; https://peraturan.bpk.go.id/Details/175175/permendikbud-no-17-tahun-2021

Rully Indrawan dan Poppy Yuniawati (2014), Metodologi Penelitian, Bandung: PT Refika Aditama, hlm. 141

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). Doi https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p.

Subandiyah, H. (2017). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syatauw, Gabriela Rosalia, Solehun, and Nouval Rumaf. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda 2 (2) (2020).

Utami, NP, & Yanti, PG (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 6 (5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Wiedarti (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.