Pengaruh Metode Membaca Cepat terhadap Keterampilan Membaca Pemula di Sekolah Dasar

Hanik Eka Ratnaningsih, Henik Fidiawati, Sofiatun Dhuriyah, Ulfatun Fu'adah, Masnuatul Hawa

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh metode membaca cepat terhadap keterampilan membaca pemula di sekolah dasar melalui metode penelitian library research. Dalam penelitian ini, berbagai literatur dan studi sebelumnya yang berkaitan dengan metode membaca cepat dan keterampilan membaca di kalangan siswa SD dikaji secara mendalam. Sumber data yang digunakan mencakup buku, artikel jurnal, yang berasal dari internet. Hasilnya menunjukkan bahwa metode membaca cepat dapat memberikan dampak positif terhadap kecepatan dan pemahaman membaca siswa pemula. Berbagai studi menunjukkan bahwa penerapan metode ini tidak hanya meningkatkan kecepatan membaca, tetapi juga membantu siswa dalam memahami isi bacaan dengan lebih baik. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik mempertimbangkan penerapan metode membaca cepat sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di tingkat dasar.

Kata kunci—Membaca Cepat, Keterampilan Membaca Pemula, Sekolah Dasar

 

Abstract—This study aims to explore the impact of speed reading methods on the reading skills of elementary school beginners through library research methods. In this research, various literature and previous studies related to speed reading methods and reading skills among elementary school students are thoroughly reviewed. The data sources used include books, journal articles, and internet sources. The results indicate that speed reading methods can positively affect the reading speed and comprehension of beginner students. Various studies show that the application of this method not only increases reading speed but also helps students better understand the content of the readings. Based on these findings, it is recommended that educators consider implementing speed reading methods as a learning strategy to enhance the reading skills of students at the elementary level.

Keywords—Speed Reading, Reading Skills, Elementary School Beginners


Keywords


Speed Reading, Reading Skills, Elementary School Beginners

Full Text:

PDF

References


Aulia. (2011). Mengajarkan balita Anda membaca: revolusi cerdas untuk kemampuan anak membaca di rumah. Yogyakarta: Intan Media.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fadhillah, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Fauji, V. A., Qutni, D., & Nawawi, M. (2020). Efektivitas media flashcard terhadap kemampuan membaca nyaring (al-jahriyah) dan membaca dalam hati (ash-shamitah) bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), 74-79. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.

Gianistika, C. (2021). Strategi pembelajaran contextual teaching dan motivasi siswa terhadap hasil belajar membaca nyaring bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656-671. https://edukatif.org/index.php/edukatif/indeks.

Gibbons. (1993). Learning to learn in a second language. Australia: Heinemann Portmourth NΗ.

Hakim, dkk. (2023). Keterampilan pembelajaran abad 21: menuju SDM unggul dan tangguh. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212 - 242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta: PT Bentang Perkasa.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rincka Cipta.

Noer M, (2012). Speed reading for beginners. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pamuji, D. S. (2018). Kemampuan membaca cepat dengan metode skimming siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Merliung tahun ajaran 2016/2017. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2). https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/4369.

Santrock, John. W. (2007). Perkembangan anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Septiaji, A., & Nisya, R., K. (2023). Gemar membaca terampil menulis: keterampilan reseptif dan produktif dalam berbahasa. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Slamet, S. Y. (2008). Dasar-dasar pembelajaran bahasa dan sastra di kelas. Surakarta: UNS Press.

Subyantoro. (2009). Pelangi pembelajaran bahasa. Semarang: Unnes Pres.

Suparlan, S. (2021). Keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1088.

Supriyadi, dkk. (1992). Pendidikan bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan Djago. (2005). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tarigan. (1985). Pengajaran gaya bahasa. Bandung: Angkasa.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan: Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.