Analisis Penerapan Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno Tahun Pelajaran 2023/2024

Olivia Rusadi Kurniawati Winoto, Syahrul Udin, Muhamad Sholehhudin

Abstract


abstrak—Penelitian didasarkan pada masih kurang baiknya tingkat dari keterampilan menulis yang di miliki siswa, meskipun siswa dapat memahami apa yang telah dipelajarinya, namun siswa kesulitan mengungkapkannya ke dalam tulisan. Oleh karena itu, perlu menggunakan metode yang tepat. Tujuan dari karya ini adalah untuk menjelaskan penerapan metode gambar dan gambar dalam pembelajaran menulis analisis teks deskriptif untuk siswa MTs. Muhammadiyah 1 Banjaranyar tahun 2024. Dan untuk mengetahui hasil penerapan metode gambar dan gambar dalam pembelajaran. Penulisan Deskriptif Kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Banjaranyar 2024. Pendekatan dengan deskriptif kuali digunakan dalam penelitian ini dikarenakan data berupa bentuk tertulis. Hasil menunjukan terkait dengan penggunaan metode gambar menjadikan siswa aktif saat proses belajar mengajar dengan siswa dapat menentukan struktur teks, gaya bahasa dan penulisan, serta kesalahan bahasa dan ejaan. Belajar dengan gambar dan metode gambar terjangkau dan menyenangkan. Setelah pembelajaran tentang metode picture and picture, setelah menulis teks deskriptif, ternyata 12 siswa mendapat nilai diatas KKM 75, sedangkan 10 siswa masih dibawah KKM. Nilai tertinggi sebesar 80 dan terendah sebesar 55. Pembelajaran dengan metode picture and picture memberikan pengaruh yang positif.

Kata kunci—Analisis, Penerapan, Metode Picture and Picture, Menulis, teks deskriptif

 

 

Abstract—The research is based on the still poor level of writing skills that students have, even though students can understand what they have learned, students have difficulty expressing it in writing. Therefore, it is necessary to use the right method. The aim of this work is to explain the application of the drawing and drawing method in learning to write descriptive text analysis for MTs. Muhammadiyah 1 Banjaranyar students in 2024. And to find out the results of applying the drawing and drawing method in learning. Descriptive Writing Class VII MTs. Muhammadiyah 1 Banjaranyar 2024. A qualitative descriptive approach was used in this research because the data is in written form. The results show that the use of the drawing method makes students active during the teaching and learning process with students being able to determine text structure, language and writing style, as well as language and spelling errors. Learning with pictures and drawing methods is affordable and fun. After learning about the picture and picture method, after writing descriptive text, it turned out that 12 students got scores above the KKM 75, while 10 students were still below the KKM. The highest value is 80 and the lowest is 55. Learning using the picture and picture method has a positive influence.

Keywords— Analysis, Applications, Picture and Picture Method, Writing, descriptive text


Keywords


Analysis, Applications, Picture and Picture Method, Writing, descriptive text

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen komunikasi: Filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia

Afifah, L. (2012). Efektivitas penggunaan model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip terhadap hasil belajar matematika. Semarang: Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny S. (2007). Pokoknya Menulis: Cara baru menulis dengan metode kolaborasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar rvaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, D. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Hariyanto. (2011). Peningkatan kemampuan menulis cerita menggunakan metode picture and picture pada siswa madrasah ibtidaiyah. Journal published of Quality Journal Of Empirical Research In Islamic Education.

Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan penalaran kreatif matematis siswa sma dalam pembelajaran argument driven inquiry pada materi turunan fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28.

Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387.

Lulu’Atul Farida, L. F., Undang Rosidin, U. R., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran argumentdriven inquiry (Adi) terhadap keterampilan argumentasi siswa SMP berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Journal of Physics and Science Learning, 2(2), 25-36. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/index.

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1. http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2126.

Pratiwi, A. K., Makhrus, M., & Zuhdi, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 290-295. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.240.

Rahayu, M. (2009). Upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Belangwetan Klaten Utara (Skripsi S-1 Progdi PGSD) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyati, B. T. K. (2018). Strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Lumajang (Studi pada Objek Wisata Puncak B29 di Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang). Politico, 18(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.240.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.