Studi Kepustakaan Kemampuan Menyimak dengan Penerapan Model Pembelajaran ATIK pada Pendekatan Teori Behaviorisme

Ardhia Pramesti, Junia Lusita, Nofia Fitriana, Secilia Cahya Agustina, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kemampuan menyimak dalam pembalajaran dengan menerapkan model ATIK (Amati, Tiru, Kerjakan) pada pendekatan teori behaviorisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi Pustaka. Tahap penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data dan sumber kepustakaan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ATIK dapat meningkatkan kemampuan Menyimak siswa dengan pendekatan teori behaviorisme.

Abstract—This research aims to describe listening skills in learning by applying the ATIK (Observe, Imitate, Do) model to the behaviorist theory approach. This research uses qualitative methods through literature study. This research stage was carried out by collecting data and library sources. The results of this research can be concluded that the ATIK learning model can improve students' listening skills using a behaviorist theory approach.


Keywords


listening skills, ATIK learning model, behavioristic theory

Full Text:

PDF

References


Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Baraja. A. (2008). Psikologi Perkembangan (pp. 112–113). Studia Press Damayanti. Y., dan Watini. S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737.

Emzir. E. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Hardianto, D. (2012). Paradigma Teori Behavioristik dalam Pengembangan multimedia Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/2807/2333

Harjanty. R., & Musdalifah. F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 2 (2). https://doi.org/10.55681/nusra.v2i2.143.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi model ATIK untuk meningkatkan keberanian anak usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915-919. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1673-1680.2022.

Laia. A. (2020). Menyimak Efektif. Jawa Tengah, Indonesia: Penerbit Lutfi Gilang Model ATIK (Sri Watini.) HKI Kemenhumham No pencatatan 000229956 Januari 2018 No Permohonan EC00202059888

Maryam, S. (2024). Pengembangan Kemampuan Berbicara (Maharah Kalam) Bahasa Arab Melalui Pendekatan Behaviorisme. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 1(02), 16-27. Retrieved from https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/395.

Muhibbin, S. (2023). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Munar. A., & Suyadi. S. (2021). Penggunaan media animasi dalam peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini. Journal of Islamic Early Childhood Education 4 (2). http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal riset rumpun ilmu bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405.

Nurhayani. I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA 4 (1). http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Salsabila, A. N., Kholimah, Z. S. N., Azzahro, S., Akbaryanto, F., & Sukasih, S. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Dialog Berita Dan Petunjuk Pada Anak Sekolah Dasar (SD). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 41-53. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.467.

Sukmadinata. N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto. A. (2013), Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori, Jakarta : Bumo Aksara,

Watini, S. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (2).https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480.

Widayati. S., dkk. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.