Eksperimentasi Metode Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parengan
Abstract
abstrak— penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model eksperimen yang bertujuan agar bisa diketahui keefektifan diterapkannya metode discovery learning dengan bantuan media audio visual pada keahlian murid untuk menulis teks eksplanasi. Studi ini memakai dua sampel, kelas VIII D dijadikan kelas eksperimen serta yang dijadikan kelas kontrol ialah kelas VIII C, dan dilakukan pengumpulan data sebanyak dua kali, data awal saat saat pre-test serta data selanjutnya ialah post-test. Berdasarkan pada hasil studi, kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami hasil belajar dengan perbedaan sebesar 25,01% dengan rincian nilai kelas eksperimen pada post-test senilai 86,51 dan untuk post-test oleh kelas kontrol yaitu 61,5. Dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan dari hasil post-test dari kelas kontrol dan eksperimen, oleh karenanya bisa diambil kesimpulan metode discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parengan.
Abstract— this search’s experimental, quantitative study purpose are ascertain the impact of using audiovisual material in conjunction with the discovery learning approach on students' capacity to compose explanatory texts. Class VIII D are experimental classes, class VIII C are control class, provided the samples used in this study, and data collection was carried out twice, the first was a pre-test and the second post-test. Based on the research results, the experimental class and the control class experienced a difference in learning outcomes of 25,01% with details of the post-test score for the experimental class being 86,51 while the control class’ post-test score was 61,5. The ability and learning outcomes of writing explanation text to class VIII student at SMPN 1 Parengan can be improved by the discovery learning method with the support of audiovisual media, as evidenced by the difference in posttest result from control and experimental class.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/902
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. PG Dikdas. (2020). Retrieved from http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/mengenalmodel-pembelajaran-discovery-learning
Khasinah, S. (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/5821
Kusumastuti, N. (2022). Penerapan Metode Discovery Learning Sebagai Cara Meningkatkan Keaktivan Siswa Untuk Menemukan Rumus Sudut Rangkap Materi Trigonometri. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4(2), 159-168. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/yfw3ltyujvfe7kbveomilts5ei/access/wayback/http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika/article/download/1872/1093/
Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Sanjaya, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Tayan Hulu (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK). Retrieved from http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2156
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/onoma/article/download/1181/1043
Tondang, H. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMPN 4 Medan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 01-12. Retrieved from https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/download/54/52
Wiguna, S., & Alawiyah, N. (2022). Implementasi Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak Di Kelas Vii Mts Ikaba Paluh Manis. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 981-988. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i9.1435
Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zalukhu, F. F., Ningsih Zega, E. V. A., Dodo Daeli, F. F., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning. Journal on Education, 6(1), 5793-5800. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.