Semantik: Pengertian, Teori, dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa
Abstract
abstrak— Semantik adalah bagian dari linguistik yang mempelajari makna dalam bahasa. Semantik juga memiliki peran penting dalam studi linguistik, karena membantu kita memahami bagaimana kata-kata dan kalimat membawa makna dalam bahasa. Adapun ruang lingkup semantik yang mencakup pemahaman tentang berbagai aspek dalam bahasa. Semantik membantu kita memahami dan menyampaikan pesan dengan jelas, serta memfasilitasi pemahaman konteks dan interpretasi makna dalam bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian, teori, dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi pustaka atau library research yang secara khusus menitikberatkan pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data dari beragam sumber tertulis yang relevan dengan topik semantik. Prosedur penelitian dimulai dengan identifikasi bahan bacaan relevan melalui penelusuran internet. Kemudian, bacaan dipilih dari berbagai sumber yang berkualitas. Data dikumpulkan berdasarkan kategori pengertian, metode, dan penerapan semantik. Setelah itu, analisis dilakukan secara sistematis dan narasi deskriptif disusun untuk menguraikan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semantik memiliki peran penting dalam komunikasi manusia, karena membantu kita memahami dan menyampaikan pesan dengan jelas. Semantik juga membantu dalam memahami konteks dan interpretasi makna dalam bahasa. Dengan artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran semantik dalam pembelajaran bahasa.
Abstract— Semantics is a part of linguistics that studies meaning in language. Semantics also has an important role in the study of linguistics, as it helps us understand how words and sentences carry meaning in language. The scope of semantics includes an understanding of various aspects in language. Semantics help us understand and convey messages clearly, as well as facilitate understanding of context and interpretation of meanings in language. This research aims to explain the definition, theory, and application of language learning. This study uses a library research method approach that specifically focuses on collecting, analyzing, and interpreting data from various written sources relevant to semantic topics. The research procedure begins with the identification of relevant reading materials through internet searches. Then, the readings are selected from a variety of quality sources. Data were collected based on categories of understanding, methods, and application of semantics. After that, the analysis was carried out systematically and a descriptive narrative was prepared to outline the research findings. The results of the study show that semantics have an important role in human communication, as it helps us understand and convey messages clearly. Semantics also helps in understanding the context and interpretation of meaning in language.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A. (2011). Pragmatik; Konsep Dasar Memahami Konteks Tuturan. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.18860/ling.v1i2.548.
Adid, A. W. (2019). Hedonisme Dalam Lirik Lagu Dangdut. Sarasvati, 1(2), 29. https://doi.org/10.30742/sv.v1i2.737.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Ansori, I. (2012). Strategi bahasa Arab teori dan praktik. In Strategi bahasa Arab teori dan praktik.
Aprila, N. R. D., & Fauziyah, N. (2022). Makna Gramatikal pada Slogan Detergen Daia : Kajian Semantik ( Gramatical Meaning of Slogan Daia ’ s Detergent : Semantic Study ). Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 334–345.
Arnawa, N. (2008). Wawasan Linguistik & Pengajaran Bahasa.
Azizah, B. N., & Wardani, R. W. (2022). Satuan Semantik (Al-Wihdah Ad-Dilaliyah) Dalam Kalimat Balkis Nur Azizah, Rita Wilda Wardani. III (1), 47–58.
Azizah, N., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Semantik Dan Sintaksis Anak Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 139–146. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/4955.
Chaer, A., & Muliastuti, L. (2016). Hakikat Semantik. Pbin4215/Modul 1, July, 1–23.
Darmojuwono, S. (2011). Peran unsur etnopragmatis dalam komunikasi masyarakat multikultural. Linguistik Indonesia, 19(1), 19–34.
Ginting, H., & Ginting, A. (2019). Beberapa Teori Dan Pendekatan Semantik. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 71–78. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.594.
Hanafi, W. (2017). Linguistik Al-Qur’an (Reinterpretasi Makna Manusia di Balik Surat al-Fâtihah Dalam Wacana Semantik). Studia Quranika, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.21111/studiquran.v2i1.1131.
Herpindo, H., Astuty, A., Ekawati, M., Fadhilia Arvianti, G., Rizqin Nikmatullah, M., & Nur Afiq, M. (2023). Pembelajaran dan Pengajaran Tata Bahasa Berdasarkan Korpus. Risenologi, 8(2), 25–37. https://doi.org/10.47028/risenologi.v8i2.497.
Madinah, khusnul khatimah. (2016). Telaah Semantik Kosakata Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Ix Mts, Husnul Khatimah Khusus Yang Berlatar Belakang Bahasa Mandar. Jurnal Pepatazdu, 11(1), 33–42.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa – PEKOMMAS, 16(1), 73–82.
Parwis, F. Y. (2017). Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanuts Pada Harian The Jakarta Post. Deiksis, 9(02), 129. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1384.
Parwis, F. Y. (2017). Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanuts Pada Harian The Jakarta Post. Deiksis, 9(02), 129. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1384.
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96.
Saepudin, S. (2018). Teori Linguistik Dan Psikologi Dalam Pembelajaran Bahasa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 100–118. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.738.
Saputra, A. B. (2024). Pedagogi Bahasa Indonesia (Menggugah Kreativitas Pembelajaran Masa Depan) (Issue February).
Selvy Dwi Anggraini, Marshanda Dwi Ayu Safira, Monica Eskariani, & Eni Nurhayati. (2024). Interpretasi dalam buku “Self Improvement Is it bad or good habbit.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 168–179. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2777.
Setiyadi, A. C. (2006). Bahasa, Berbahasa, System Bahasa Dan Struktur Bahasa. At-Ta’dib, 4(2), 167–189.
Shihab, T. N. (2023). Prosiding. 822–835.
Simarmata, M. Y. (2020). Pengajaran Semantik pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 37. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24389.
Sutomo, J. (2015). Konteks, Referensi, dan Makna: Kajian Semantik. Jurnal Pengembangan Ilmu Bahasa Dan Budaya, 10(2), 26–34. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fbib1/article/view/3748.
Syakur, A., & Sumarlam, S. (2021). Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Media Online: Teks Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat tentang Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 0, 591–601. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/53048.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.