Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek menggunakan Metode Nature Learning pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2023/2024

Iva Dhur Rohmah, Abdul Ghoni Asror, Oktha Ika Rahmawati

Abstract


Abstrak- Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwosari karena temuan awal menunjukkan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata tes keterampilan menulis teks cerita pendek sebesar 51,3, sementara nilai minimal sekolah adalah 75. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa menggunakan metode Nature Learning. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas proses dan hasil kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VIII H SMPN 1 Purwosari Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian melibatkan 32 siswa sebagai subjek dan dilakukan melalui dua siklus, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai keterampilan menulis setelah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Nature Learning dalam materi menulis cerita pendek berkategori sangat baik; 2) Hasil belajar siswa meningkat setiap siklus. Pada siklus I, nilai siswa mencapai 67,6% dengan peningkatan 10,3%, dan pada siklus II, nilai mencapai 87,2% dengan peningkatan 19,6%. Peningkatan nilai dari prasiklus hingga siklus kedua menunjukkan efektivitas metode Nature Learning, dengan rata-rata nilai akhir 87,2% tergolong sangat tinggi.

Abstract- Classroom Action Research was conducted on class VIII H students of SMP Negeri 1 Purwosari because initial findings showed low learning outcomes with an average score on the short story text writing skills test of 51.3, while the minimum school score was 75. This research aims to improve students' writing skills using the Nature Learning method. The aim is to improve the quality of the process and results of the ability to write short story texts for class VIII H students at SMPN 1 Purwosari for the 2023/2024 academic year. The research involved 32 students as subjects and was carried out through two cycles, which included planning, implementing actions, observing and reflecting. Qualitative data was obtained from observation sheets and interviews, while quantitative data was obtained from writing skill scores after the test. The research results show that: 1) The application of the Nature Learning method in short story writing material is categorized as very good; 2) Student learning outcomes increase every cycle. In cycle I, the student's score reached 67.6% with an increase of 10.3%, and in cycle II, the score reached 87.2% with an increase of 19.6%. The increase in scores from pre-cycle to the second cycle shows the effectiveness of the Nature Learning method, with an average final score of 87.2% which is considered very high.


Keywords


Writing Abilityi, Nature Learning, short story

Full Text:

PDF

References


Anasya, S. W., Warni, W., & Purba, A. (2023). Penerapan Metode Nature Learning Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 660-671. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8012.

Gusti., Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan UNJ, 28(1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/3266.

Hawa, M. (2020). Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VMP Maulana Malik Ibrahim Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1060

Helda, T. (2017). Menulis Teks Cerita Pendek Berbantuan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VII Smp Islam Khaira Ummah Padang. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 216-238. http://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2186.

Sari, N. P., Septyanti, E., & Zulhafizh, Z. (2024). Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tualang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 998-1004. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3838

Syarifudin, F. (2022). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 132-145. https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3735

Tarigan, H.G. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.