Analisis Unsur Intrinsik Novel Hello Karya Tere Liye serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Dwi Fitri Devariani, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, meneskripsikan an menganalisis unsur intrinsik novel. Novel adalah tulisan prosa yang menceritakan rangkaian kisah hidup seseorang, mengandung banyak pesan bagi para pembacanya. Setiap novel memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangun suatu cerita sehinga menjadi menarik bagi pembacanya. Analisis novel ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Hello karya Tere Liye, yang terdiri dari tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengagambarkan semua isi unsur intrinsik terdapat pada novel ini, diantaranya (1) Tema, Romantis dan Perjuangan Hidup; (2) Alur, alur dalam novel ini adalah alur maju mundur; (3) Latar, latar dalam novel Hello adalah Rumah dengan pohon palem; (4) Tokoh dan Penokohan terdapat 10 tokoh; (5) Sudut pandang, menggunakan orang ketiga; (6) Gaya bahasa, menggunakan pemajasan; (7) Amanat, menyampaikan dua insan bagai langit dan bumi tapi berteman sejak kecil, hingga mengalirlah cerita perjuangan cinta beda kasta, bahwa cinta itu butuh diperjuangkan. Unsur intrinsik dalam novel Hello karya Tere Liye dapat dijadikan juga diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi di SMA.
Kata kunci—Unsur Intrinsik, Novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

Abstract-- This research aims to find out, understand, describe and analyze the intrinsic elements of the novel. A novel is a prose piece that tells a series of someone's life story, containing many messages for its readers. Every novel has intrinsic and extrinsic elements that build a story so that it is interesting for readers. This novel analysis aims to describe the intrinsic elements contained in the novel Hello by Tere Liye, which consist of theme, plot, setting, characters and characterization, point of view, language style and message. The research method used is descriptive qualitative. The research results describe all the intrinsic elements contained in this novel, including (1) Theme, Romance and Life's Struggle; (2) Plot, the plot in this novel is a back and forth plot; (3) Setting, the setting in the novel Hello is a house with palm trees; (4) Characters and Characterization, there are 10 characters; (5) Point of view, using third person; (6) Language style, using imagery; (7) Mandate, conveying that two people are like heaven and earth but have been friends since childhood, so that the story of the struggle for love between different castes flows, that love needs to be fought for. The intrinsic elements in the novel Hello by Tere Liye can also be implemented in Indonesian language learning, especially in high school material.
Keywords— Intrinsic Elements, Novel, High School Indonesian Language Learning

Keywords


Intrinsic Elements, Novel, High School Indonesian Language Learning

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode penelitian kualitatif. Rajawali Press.

Faruk. (2019). Metode penelitian sastra: Sebuah penjelajahan awal. Pustaka Belajar.

Hikma, Nur. 2015. Aspek psikologis tokoh utama dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Jurnal Humanika, 3(15).

Mochtar. 2013. Analisis deskriptif kualitatif. CV Alfabeta.

Moleong. J. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bumi Aksara.

Siswantoro. 2010. Metode penelitian sastra. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta.

Tarigan, Guntur. 2011. Karya sastra sebagai aprsesiasi kehidupan. PT Grasindo.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (edisi revisi). Garudhasawa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.