Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Pemahaman Fonologi bagi Perkembangan Anak SD

Cholinda Rahma Septi Lina, Ima Istiqlal, Laila Dwi Kurnia, Yulistya Yulistya, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak— Fonologi merupakan bidang studi dalam linguistik yang meneliti bunyi-bunyi dalam bahasa. Metode study pustaka digunakan dalam penelitian ini, data sekunder data yang digunakan dalam penelitian ini, serta menggunakan teknik validasi triangulasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran bahasa indonesia dalam meningkatkan pemahaman fonologi bagi perkembangan anak SD. Pengaruh pembelajaran bahasa indonesia dalam meningkatkan pemahaman fonologi bagi perkembangan anak SD memiliki pengaruh penting dikarenakan 1) Peningkatan kemampuan membaca siswa, 2) Pemahaman tentang hubungan bunyi dan huruf, 3) Pengembangan keterampilan mendengarkan yang efektif. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 pengaruh pembelajaran bahasa indonesia dalam meningkatkan pemahaman fonologi bagi perkembangan anak SD.

Abstract— Phonology is a field of study in linguistics that examines the sounds in language. The literature study method is used in this research, secondary data data used in this research, and using triangulation validation techniques. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of Indonesian language learning in improving understanding of phonology for the development of elementary school children. The influence of Indonesian language learning in improving the understanding of phonology for the development of elementary school children has an important influence because 1) Improving students' reading skills, 2) Understanding of the relationship between sounds and letters, 3) Development of effective listening skills. The conclusion in this study is that there are 3 influences of Indonesian language learning in improving the understanding of phonology for the development of elementary school children.

Keywords


Indonesian language, phonology, child development

Full Text:

PDF

References


Abidah, F. N. (2023). Fonologi: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(1), 139-145. Retrieved from https://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4209.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Alimahmudi, H., & Siagian, I. (2022). Kajian fonetik: Persamaan dan perbedaan arti kata bahasa Jawa dan Sunda dalam bahasa Indonesia. LITERATUS, 4(1), 135-138. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.695.

Al-Rasyid, A. A. M., & Siagian, I. (2023). Struktur bahasa Indonesia dan pemerolehan bahasa pada anak usia dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6262–6274. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2840.

Amrulloh, M. A. (2020). Fonologi bahasa arab (tinjauan deskriptif fonem bahasa arab). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/353.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini Nofita. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54. Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/9741.

Apriliana, G., Sukma, I., Aryana, M., & Maharani, N. (2024). Pengaruh pemerolehan bahasa pertama dan kedua anak terhadap kesalahan berbahasa tingkat fonologi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 609-616. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24602.

Ardiansyah, M. (2020). Perkembangan bahasa dan deteksi dini keterlambatan berbicara (Speech delay) pada anak usia dini. Jawa Barat: Guepedia.

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 53-59. https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116.

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi bahasa Indonesia pada generasi milenial di era industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247-251. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180.

Darwin, D., Anwar, M., & Munir, M. (2021). Paradigma strukturalisme bahasa: Fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Jurnal Ilmiah Semantika, 2(02), 28-40. https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.383.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cerminan budaya. Jurnal Pendidikan , 24 (2), 226-245. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167.

Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484.

Erwin, E. (2022). Peran bahasa indonesia dalam pembentukan karakter bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38-44. https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.7081.

Fitriani, D., Ahmad, A., & Khoiriyah, K. (2016). Model pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Unsyiah, 1(1), 187-403. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/187403/article/model-pengembangan-kecakapan-berbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela.

Fitriani, H. (2022). Analisis pemerolehan bahasa pertama anak usia 2, 5 tahun dalam kajian fonologi di desa Banjar Sari. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 12(1), 1-12. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i1.5479.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3), 269-284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. Retrieved from https://journal.umgo.ac.id/index.php/AJamiy/article/view/302.

Harpis, M., & Bahri, S. (2020). Pengaruh fasilitas kerja, pengawasan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Serdang Bedagai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 13-27. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4760.

Hidayat, M. S. B. (2019). Pembelajaran fonologi arab dengan minimal praise dan tongue twister. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 197-216. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2924.

Islamiya, I., & Noor, T. R. (2023). Analisis faktor manajemen peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 124-138. Retrieved from https://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/437.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1), 243-256. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493.

Jaya, J. (2019). Proses asimilasi bunyi konsonan bahasa bugis dialek sigeri: kajian transformasi generatif. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 1(1), 43-53. http://dx.doi.org/10.56630/jti.v1i1.7.

Kantun, S. & Budiawati, Y. S. R. (2016). Analisis tingkat kelayakan bahan ajar ekonomi yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 9(1), 129-146. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3384/0.

Khotimah, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi teknologi pendidikan dalam menganalisis kesalahan fonologis pada pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3580-3592. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5298.

Kusayang, T., Rasidin, M., & Oktaviana, W. (2023). Penggunaan media flannel board dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 446-453. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1508.

Kustiawan, R., Indrayani, L. M., Ratnasari, D. (2023). Strategi produksi bunyi vokal oleh ventrilokuis Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4), 931-944. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i3.765.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.

Lestari, I. O., Ariestania, V., Teguh, P. B., Nanik, C. (2023). Immediate denture sebagai gigi tiruan yang membantu penampilan dan fonetik seseorang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1020-1029. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.4949.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata bahasa inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133-140. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i2.782.

Meidayanti, I., & Anggraeni, D. (2024). Analisis kesalahan berbahasa bidang fonologi siswa sd serta peran guru dalam mengatasinya. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 8(1), 1-5. https://doi.org/10.36928/jipd.v8i1.2363.

Mokhtar, S., Shahidi, A., Hamid, B. A. (2014). Analisis frekuensi asas (F0) bunyi vokal bahasa Melayu: Pencerakinan berdasarkan fonetik akustik. Jurnal Bahasa, 14(2), 289-300. Retrieved from https://jurnal.dbp.my/index.php/jurnalbahasa/article/view/4275/1379.

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217. http://ejournal.uin- Retrieved from suka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/2139.

Mu'izzuddin, M. (2002). Analisis fonologi bahasa arab: Tinjauan linguistik modern. Al Qalam 19 (93), 67-90. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/download/455/390.

Mulyaningsih, D. H. (2014). Perbandingan fonologi bahasa indonesia dan bahasa mandarin. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 1-10. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.1.

Nur, F., Aryanto, D. E., Islami, N. I. (2021). Analisis segmentasi silabel dan fonem dalam kalimat perintah (kajian fonologi). GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 16-38. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i1.4424.

Nurhasanah, N. (2014). Pengaruh bahasa gaul terhadap bahasa Indonesia. In Forum Ilmiah ,11(1), 15-21. https://digilib.esaunggul.ac.id/.

Octavia, A. (2020). Studi tentang kelompok belajar usaha amplang pada rumah produksi usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29-43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257.

Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119. Retrieved from https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/422/266.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan di kota Tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31-31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320.

Prayudi, S., & Nasution, W. (2020). Ragam bahasa dalam media sosial twitter: Kajian sosiolinguistik. Jurnal Metamorfosa , 8(2), 269-280. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1140.

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Santoso, J. (2021). Fungsi bahasa dalam wacana ungkapan hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 1-10. Retrieved from https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/8383/3454.

Putri, N. P. (2017). Eksistensi bahasa indonesia pada generasi millennial. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-49. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1891.

Rahadianita, N., & Resdasari, A. (2016). Efektivitas brain gym terhadap peningkatan kemampuan fonemik pada anak usia dini. Jurnal Empati, 5(1), 85-90. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14986.

Rahayu, P. S., Mutiara, E., Rismayanti, R. (2023). Analisis bunyi bahasa Indonesia: fonetik dan fonemik. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 1(4), 54-60. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.223.

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal tarbiyah, 25(1), 93-124. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i1.237.

Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2023). Peran bahasa dalam penerapan ilmu pengetahuan. Journal on Education, 5(2), 2981-2987. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.949.

Setyadi, A. (2018). Pasangan minimal” Fonem alat “permainan bahasa. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(3), 405-417. https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.405-417.

Shanty, W. Y. (2016). Analisis terhadap fungsi bahasa indonesia hukum dalam mewujudkan kepastian hukum. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(2), 268-280. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i2.1917.

Siahaan, V. D., Ediantes, E., Pranoto, I. (2023). Filsafat pendidikan sebagai konsep pengembangan kurikulum pendidikan seni di Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(2), 307-317. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8326.

Sulihingtyas, S. (2013). Proses fonologi bahasa belanda. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 3(1), 31-42. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/2666.

Suryanti, Y., & Darmayanti, N. (2012). Kemahiran berbahasa Indonesia penutur Korea: Kajian prosodi dengan pendekatan fonetik eksperimental. Sigma-Mu 4(2), 52-63. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v4i2.872.

Tjalau, C. A., & Gani, S. (2022). Physiological aspects dalam bahasa Arab; kajian psikolinguistik. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 11(2), 504-515. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.11.2.504-515.2022.

Ulfa, M. (2017). Pemerolehan fonologi, morfologi, dan sitntaksis anak usia 2, 5-3 tahun. Journal Proceeding, 1(1), 16-25. Retrieved from https://www.ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/viewFile/308/249.

Usman, N., & Fitriani M. A. C.(2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88-95. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/8246.

Waridah, W. (2018). Ragam bahasa jurnalistik. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(2), 112–129. Retrieved from https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i2.1822.

Wibowo, T. S., Norrahman, R. A., Nurnaningsih, A. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 221-235. https://doi.org/10.62504/mrb3jh55.

Wirman, A., & Afrianti, Y. (2020). Penggunaan media busy book untuk menstmulasi kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156-1163. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Wulandari, S., & Wilyanti, L. S. (2023). Struktur fisik dan batin puisi audio visual youtube sebagai bahan ajar sastra digital. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 705-714. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2977.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.