Strategi Membaca Buku untuk Mendukung Perkembangan pada Anak Usia Dini

Dimas Rizqia Hendinata, M Haqqi Annazili Azka Fatahillah, Yusril Mahendra Kusuma, Martinus Seriandika Saputra, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mendukung perkembangan anak usia dini dengan cara membaca buku. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik triangulasi simak, catat libat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam sebuah pembelajaran terhadap anak harus dipikirkan sedemikian rupa untuk meningkatkan perkembangan anak dari segi membaca, berimajinasi dan memotivasi anak agar minat membaca. Orang tua juga memiliki sebuah peran yang penting dalam perkembangan membaca anak seperti memfasilitasi buku bergambar yang memadahi agar anak minat membaca, menjadi pendengar yang baik ketika anak sedang menceritakan buku yang telah dibaca dan masih banyak lainya. Adapun beberapa metode yang optimal dalam pembelajaran orangtua terhadap anak 1) Mengawali Kebiasaan Baik Sejak Dini: Membacakan Buku kepada anak dalam mengembangkan minat baca anak, 2) meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Aktivitas Membaca Bersama, 3) Mengeksplorasi variasi buku dengan menarik perhatian dan memberikan informasi, 4) Membangun kebiasaan membaca dalam menuju dunia pengetahuan yang luas, 5) Pendekatan aktif untuk meningkatkan keterlibatan anak dalam membaca, 6) Membangun Lingkungan Membaca yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat Anak. Kesimpulan ada 6 metode yang optimal dalam pengajaran orang tua terhadap anak.
Kata kunci—Membaca, perkembangan anak, usia dini

abstract—This research aims to support early childhood development by reading books. In this study, researchers used qualitative research with the triangulation technique of simak, catat libat. The results of this study show that in a lesson for children, it must be thought of in such a way as to improve children's development in terms of reading, imagination and motivate children to have an interest in reading. Parents also have an important role in children's reading development such as facilitating adequate picture books so that children are interested in reading, being a good listener when children are telling books that have been read and many others. As for some optimal methods in parent learning for children 1) Starting Good Habits Early: Reading Books to children in developing children's interest in reading, 2) Improving Children's Cognitive Development through Shared Reading Activities, 3) Exploring a variety of books by attracting attention and providing information, 4) Building reading habits towards a wide world of knowledge, 5) Active approaches to increase children's involvement in reading, 6) Building a Fun Reading Environment to Increase Children's Interest. In conclusion, there are 6 optimal methods for parents to teach their children.
Keywords— Reading, child development, early years

Keywords


Reading, child development, early years

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Robi, N. (2020). Literasi membaca sebagai upaya pembentuk karakter peserta didik (jujur dan bertanggung jawab). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 790-797. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3459.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:u7tMUCozN7MJ:scholar.google.com/+Membangun+kebiasaan+membaca+dalam+menuju+dunia+pengetahuan+yang+luas&hl=id&as_sdt=0,5.

Apriani, D. (2023). Manfaat dan tujuan mendongeng dalam meningkatkan minat baca anak usia dini di balai layanan perpustakaan dpad daerah istimewa yogyakarta (diy). SIGNIFICANT: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02 Desember), 139-147. https://doi.org/10.62668/significant.v2i02.865.

Aulina, C. N. (2019). Metodologi pengembangan bahasa anak usia dini. Umsida Press, 1-107. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3.

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan budaya literasi pada anak usia dini di era digital. Tematik, 6(2), 88-93. https://dx.doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550.

Erlangga, R., Putri, F. P., Wardana, B. A., Noviana, R., Kiyato, P. L., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen melalui Metode SAS (Stuctural, Analythic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.3796.

Farihatin, A. R., Ruhaena, L., & Zuhri, S. (2013). Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak usia dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27023.

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan buku cerita bergambar untuk anak usia dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203-216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291.

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media aplikasi bamboomedia bmgames apps pintar membaca sebagai upaya pembentukan karakter siswa SD menghadapi MEA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-12. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/index/index.

Heryanti, V., Wembrayarli, W., & Hadiwinarto, H. (2014). Meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui permainan tradisional (congklak). Universitas Bengkulu, 32. https://core.ac.uk/download/pdf/35338459.pdf.

Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(2), 45-67. https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 248-258. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233.

Mardani, P. S. (2022). Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63-75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778.

Mardhatillah, F., Wardhani, J. D., & Sunaryo, I. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pasca Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 886-898. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.368.

Moneta, A., Mawardah, M., & Purnamasari, S. D. (2023). Membaca Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 819-828. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.924.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/75444217/pdf-libre.pdf?1638334617=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPerkembangan_Kognitif_Bidang_Auditori_pa.pdf&Expires=1718084008&Signature=X9soNSe-qjwsk20qsVL-kD1HdpilOsZy-UUzH3Xs5VYcTh1boTiHAb5KaqAqYVxpy7o6zZkAgDdquYV-qwL1xOwNXui08sXowtaazydJFOa36nDCwA37Dt4aRXF9vOJjBgcqYsyTEwTrTpGUTA~NU69LdgohN0B5lexzed45r9LcHpc4NEFYHziTLzENqBXiM4EO9cOWOnTZTcZNZ5stZSwbbci3x7j~wbMDj6AZVkfpAVy0V8M4EA0Hs10nLB9XcHBGSsbgAKIykKgMlW8RqR6JBYrFBcKw48jDYjMkk2Jw5Sszctsg8NkhaigpnXRm~iPBMO67YsJLwsgOLw132A__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA.

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922.

Pratiwi, S. H. (2021). Upaya meningkatkan literasi membaca di masa pandemi melalui kegiatan seminggu sebuku. FITRAH: International Islamic Education Journal, 3(1), 27-48. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.835.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.