Membaca untuk Inovasi: Mencari Kunci Pembelajaran yang Efektif

Muhammad Baharudin Romadhoni, Linda Rahma Dhani Saputri, Tutut Septia Wati, Tri Inayah Maula, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan utama dalam bahasa, dan menjadi bagian dari komunikasi tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui membaca untuk inovasi dalam mencari kunci pembelajaran yang efektif. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah membaca untuk inovasi dalam mencari kunci pembelajaran yang efektif karena memiliki keuntungan seperti, 1) Membaca sebagai aspek terpenting dalam pembelajaran, 2) Perlunya pembenahan sistem pendidikan kita yang masih menganut gaya bank, 3) Diskusi buku di dalam kelas sebagai inovasi baru dalam pembelajaran untuk peserta didik. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 membaca untuk inovasi dalam mencari kunci pembelajaran yang efektif.
Kata kunci—Inovasi, Membaca, Pembelajaran Efektif


Abstract—Reading is one of the four main skills in language, and is part of written communication. The purpose of this research is to find out reading for innovation in finding the key to effective learning. The method in this research is using literature study. The result of this research is reading for innovation in finding the key to effective learning because it has advantages such as, 1) Reading as the most important aspect in learning, 2) The need for revamping our education system which still adheres to the bank style, 3) Book discussions in the classroom as a new innovation in learning for students. The conclusion in this research is that there are 3 readings for innovation in finding the key to effective learning.
Keywords—Innovation, Reading, Effective Learning

Keywords


Innovation, Reading, Effective Learning

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Dacholfany, M. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Jurnal Dewantara, 1 (01), 16-28. http://www.ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/manajemen-mutu-pendidikan-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-dalam-meningkatkan-kualitas-mahasiswa.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529.

Fattach, A., Syairozi, MI, & Rosyad, S. (2022). Inovasi daun lontar untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Desa Lawanganagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 131-136. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.299.

Freire, Paulo. (2019). Pendidikan kaum tertindas. Yogyakarta: Narasi

Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1860.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2. Haryadi, R., & Kansaa, H., N., A. (2021). Pengaruh media pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar siswa. At- Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426.

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Membaca bahasa dan sastra indonesia, 1(2), 187-194. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v1i2.2734

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 108-118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.

Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02), 128-134. https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32.

Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan pembelajaran daring yang efektif selama pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. EDISI, 2(2), 366-377. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1027/718.

Malaka, Tan. (2014). Madilog. Yogyakarta: Narasi.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Matondang, J. R., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar Hasil pada Subtema Jenis-jenis pekerjaan siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5503-5515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7538

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-228. https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892.

Olifia, F. (2013). Teknik membaca efektif. Elex Media Komputindo.

Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193-198.http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Ramadani, R. (2015). Membaca permulaan melalui kegiatan menebalkan huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02.

Siregar, N. H., & Nasution, M. I. P. (2023). Implementasi Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Organisasi/Perusahaan (Studi Pustaka). Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 174-182. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.796.

Supeli, K. (2013). Kebudayaan dan kegagapan kita. Dewan Kesenian Jakarta.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Topatimasang, Roem (2004). Sekolah itu Candu. Yogyakarta, Insist Press.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096.

Wanto, A., & Windarto, A. P. (2017). Analisis prediksi indeks harga konsumen berdasarkan kelompok kesehatan dengan menggunakan metode backpropagation. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(1), 37-43. Retrieved from https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/76.

Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat media pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar ipa siswa sdn 25 tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30-43. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.