Analisis Pola Struktur Fonemik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Rindu Ajeng Pramesti, Sri Sunarti Indrawati, Mutiara Retno Damayanti, Stevani Dita Merlianti, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—Fonemik merupakan bidang studi yang berfokus pada bunyi atau suara bahasa dan fungsinya sebagai pembeda makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pola struktur fonemik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah library research dengan menggunakan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan berupa teknik simak, catat, dan libat, sementara validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu analisis pola struktur fonemik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari 1). Pola Struktur Fonemik Metatesis, 2). Pola Struktur Fonemik Modifikasi vokal, 3). Pola Struktur Fonemik Netralisasi, 4). Pola Struktur Fonemik Zeroisasi, 5). Pola Struktur Fonemik Diftongisasi dan 6). Pola Struktur Fonemik Monoftongisasi.
Kata kunci—Bahasa Indonesia, Fonemik, Pembelajaran

Abstract—Phonemic is a field of study that focuses on the sound of language and its function as a differentiator of meaning. This research aims to find out and analyze the pattern of phonemic structure in Indonesian language learning. The method used in this research is library research using secondary data. The research techniques used are listening, noting, and engaging techniques, while data validation uses triangulation techniques. The results of this study are the analysis of phonemic structure patterns in Indonesian language learning consisting of 1) Metathesis 2) Vowel Modification 3) Neutralization 4) Zeroization 5) Diphthongization 6) Monoftongization. The conclusion of this research is that there are 6 patterns of phonemic structure in Indonesian language learning.
Keywords—Indonesian Language, Phonemic, Learning

Keywords


Indonesian Language, Phonemic, Learning

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya bahasa Indonesia di perguruan tinggi. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 114-119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172.

Febrianti, K., Mahsa, M., & Emilda, E. (2022). Perubahan bunyi pada ragam bahasa gaul remaja desa meunasah mesjid kecamatan muara dua kajian sosiolinguistik. Kande Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 255-268. https://doi.org/10.29103/jk.v3i2.9725.

Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.752.

Hadi, S. (2018). Kata-kata Arab dalam bahasa Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Irwansyah, N., Safira, R., & Lamalinga, S. F. (2022). Analisis Kesalahan Fonologi pada Program Acara Kick Andy di Stasiun Televisi Metro Tv. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 17(1). https://doi.org/10.26499/loa.v17i1.4591.

Marsono. 2021. Fonologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1261/1082.

Octavia, W. (2018). Variasi Jargon Chatting WhatsApp Grup Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 317-325. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/kata/article/view/3644.

Putri, N. P. (2017). Eksistensi bahasa indonesia pada generasi millennial. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-49. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1891.

Sanubarianto, S. T. (2020). ZEROISASI FONETIK PADA BAHASA KAERA DAN TEIWA. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 158-168. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.621.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Susilawati, E., & Hindun, H. (2023). PERUBAHAN FONEM PADA BAHASA BETAWI (STUDI KASUS DI KOTA TUA). MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 21(1), 38-50. https://doi.org/10.26499/mm.v21i1.5002.

Sutrisno. 2022. Konsep dasar bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang dalam Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393–11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami fenomena sosial di masyarakat. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Yanti, Z. P. (2024). Kajian kebahasaan (Teori dan Analisis). Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Yendra. 2021. Mengenal ilmu bahasa. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.